Search
Senin 24 Juli 2017
  • :
  • :

Jarang Menyikat Lidah, 5 Hal Mengerikan Ini akan Terjadi

Starberita – Jakarta, Tahukah Anda, ada lebih dari 700 spesies bakteri yang berbeda hidup dan dapat berkembang biak di dalam mulut. Memang tidak semua bakteri tersebut jahat, namun untuk mencegah bakteri jahat berkembang biak maka Anda harus rutin membersihkan gigi dan juga menyikat bagian lidah.

Sama seperti menyikat gigi, menyikat lidah juga sangat penting untuk dilakukan rutin sehabis makan dan sebelum tidur. Seringkali yang banyak orang pahami tentang kesehatan mulut hanya sebatas gigi yang bersih. Tapi sebenarnya lidah juga harus terjaga kebersihannya. Karena lidah yang tidak bersih ternyata bisa menyebabkan penyakit yang mengerikan.

Salah satunya yaitu saat bau mulut muncul. Jangan salah sangka, bau mulut bisa muncul juga karena lidah yang tidak bersih dan disikat. Lidah yang kotor dapat menyebarkan bakteri jahat ke seluruh bagian mulut dan menjadi penyebab munculnya masalah serta penyakit. Apa saja akibat jika lidah jarang disikat? Ini dia penjelasannya:

  1. Lidah berwarna gelap agak hitam

Ini sungguh terjadi, jika lidah jarang disikat. Penyebabnya adalah papila di dalam lidah Anda terkena sisa partikel dari noda makanan atau minuman seperti kopi, misalnya. Tetapi warna ini tidak permanen, atasi dengan rutin menyikat lidah Anda. Warna gelap akan menghilang.

  1. Penyakit periodontal

Penumpukan bakteri di lidah Anda dapat menyebar dengan mudah ke gigi, menyebabkan gingivitis atau peradangan gusi. Jika tidak diobati, radang bisa meningkat menjadi penyakit periodontal. Yang paling mengerikan adalah akibat dari peradangan periodontal yaitu risiko tinggi akan serangan jantung, stroke dan juga keguguran.

  1. Bau Mulut

Bau mulut, adalah masalah nomor satu yang dapat disebabkan jika Anda tidak atau jarang menyikat lidah. Bagaimana hal ini bisa terjadi ? Bakteri, membuat area di daerah dalam lidah Anda sebagai tempat bakteri jahat bertumbuh dan mengeluarkan bau busuk. Bakteri jahat yang menyebabkan bau mulut biasanya berada di bagian belakang lidah. Untuk itu, penting saat menyikat lidah hingga ke bagian belakang.

  1. Jamur infeksi di dalam mulut

Hal ini terjadi ketika tingkat bakteri jahat dalam lidah sudah sangat parah. Penyebabnya yaitu Anda tidak pernah sama sekali menyikat lidah saat menyikat gigi. Akibatnya, akan timbu seperti bercak-bercak putih di lidah. Atasi dengan obat antijamur dan juga rutin menyikat lidah serta gigi setelah makan dan juga sebelum tidur.

  1. Tidak selera makan bahkan makanan terasa tidak sedap

Bila Anda lupa menyikat lidah, maka sel-sel kulit mati dan lapisan bakteri jahat yang biasa disebut biofilm akan menutupi selera makan Anda. Bakteri jahat tersebut menyebabkan lidah Anda kurang tajam dalam mengecap rasa. Sehingga Anda tidak nafsu makan dan merasa makanan tidak sedap.

Untuk itu, jagalah kesehatan mulut yaitu gigi dan juga lidah Anda. Mulailah menyikat lidah dari bagian belakang lalu sikat lembut ke arah depan, dan sisi kiri-kanan. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan