Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Jangan Acuhkan 8 Gejala Ini, Ginjal Anda dalam Bahaya

Starberita – Jakarta, Ginjal adalah salah satu organ yang paling penting dalam tubuh kita yang memiliki fungsi untuk menyaring darah untuk membuat urine dan membuang kotoran dari tubuh. Ginjal sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan dan harus tetap bersih dan berfungsi dengan baik setiap saat. Jika fungsi mereka terganggu, Anda akan membahayakan kesehatan Anda.

Ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan ginjal Anda dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Sehingga sangat penting untuk Anda dapat mengetahui tanda atau gejala dari kelainan ginjal tepat waktu.

Berikut adalah gejala yang harus Anda perhatikan yang biasanya sering sudah Anda rasakan saat Anda bangun tidur. Jika Anda mengalami gejala-gejala di bawah ini maka mungkin ada masalah dengan ginjal Anda.

  1. Sakit punggung

Rasa sakit di punggung dan daerah sekitar ginjal merupakan indikator yang cukup kuat bahwa mungkin ada yang tidak beres dengan ginjal Anda.

  1. Kelelahan

Ginjal bertugas memproduksi hormon yang disebut eritropein yang penting untuk menjaga jumlah sel darah merah dalam tubuh. Jika kekurangan sel darah merah, dapat mengakibatkan kelelahan yang bisa mempengaruhi aktivitas dan kegiatan Anda sehari-hari.

  1. Rasa metalik di mulut

Jika Anda mulai merasakan ada yang aneh setiap kali Anda makan, seperti merasakan rasa metalik di mulut, hal itu mungkin disebabkan oleh akumulasi limbah dalam darah akibat gagal ginjal.

  1. Ruam di kulit

Bila ginjal tidak mampu memurnikan darah, toksin menumpuk di dalamnya yang menyebabkan ruam pada kulit.

  1. Sesak nafas

Sesak nafas juga bisa menjadi pertanda ada masalah pada ginjal Anda. Ha itu terjadi karena rendahnya jumlah sel darah merah yang mengurangi jumlah oksigen dalam tubuh.

  1. Perubahan warna urin

Jika warna urin Anda gelap, pucat dan berbusa serta dorongan untuk buang air kecil meningkat di sertai dengan rasa sakit saat buang air kecil, semua itu adalah tanda-tanda ginjal Anda bermasalah.

  1. Pembengkakan

Bila Anda mengalami gagal ginjal, kelebihan cairan akan menumppuk di tubuh dan menyebabkan pembengkakan di tangan, wajah dan persendian.

  1. Pusing dan kehilangan fokus

Gagal ginjal dapat meyebabkan kadar oksigen yang tidak memadai di tubuh, mengakibatkan hilangnya fokus dan pusing.

Jika Anda memiliki salah satu atau beberapa gejala di atas, saya sangat menyarankan untuk Anda agar segara mengunjungi dokter. Karena gangguan ginjal harus ditangani sesegera mungkin sebelum semuanya terlambat. (sbc-02/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan