Search
Selasa 27 Juni 2017
  • :
  • :

Wagubsu Harap Pelabuhan Kuala Tanjung Serap Banyak Tenaga Kerja

Starberita – Batubara, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Nurhajizah Marpaung berharap pelabuhan internasional Kuala Tanjung dapat menyerap banyak tenaga kerja di Batubara.

“Kalau sudah ada pelabuhan KualaTanjung nanti, seharusnya tidak ada lagi pengangguran di Batubara. Kecuali memang pribadinya pemalas. Pelabuhan hub internsional yang ada di daerah ini harus benar-benar bisa dimanfaatkan untuk kekepentingan dan kemajuan masyarakat,” kata Nurhajizah di Masjid Al Huda , Binjai Baru Kecamatan Talawi, kemarin.

Dijelaskan Nurhjizah, pada tahun ini tahap Pertama pembangunan Kuala Tanjung akan selesai dan sudah bisa beroperasi. Kuala Tanjung segera akan dimanfaatkan sebagai hub internasional dan diharapkan menggerakkan perekonomian di Sumatera Utara.

“Terlebih lagi Pelabuhan Kuala Tanjung akan diintegrasikan dengan pembangunan akses kereta api dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei di Simalungun.”

Karenanya, Nurhajizah mengajak Pemkab Batubara untuk dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan daerah. “Ini adalah anugerah bagi Batubara,” kata Nurhajizah.

Seperti diketahui, Tahap I pelabuhan direncanakan memiliki fasilitas trestle sepanjang 2,7 km, dermaga sepanjang 500 meter, container yard dengan kapasitas 500.000 TEUs dan kedalaman 14 – 17 mLWS.

Kuala Tanjung sudah masuk ke dalam proyek strategis nasional. Pengembangan pelabuhan Kuala Tanjung meliputi rencana pengembangan terminal multipurpose dan terminal peti kemas (hub internasional). Pembangunan dalam lima tahapan dengan target kapasitas ultimate dermaga sepanjang 1500 M dengan kapasitas hingga 13 juta TEUs. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan