Search
Kamis 29 Juni 2017
  • :
  • :

Tekanan Darah Tinggi, Ini Penyebab & Cara Mengatasinya Secara Alami

Starberita – Jakarta, Cara mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi sebenarnya banyak sekali, mulai dari cara-cara tradisional yang alami sampai cara-cara modern melalu pengobatan medis. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel kesehatan mengenai beberapa penyebab dan cara mengatasi tekanan darah tinggi secara alami.

Dengan pengobatan secara alami memakai bahan-bahan tradisional bisa lebih aman karena tidak menimbulkan efek samping sebagaimana obat-obatan kimia. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga bisa bermanfaat.

Penyebab darah tinggi secara alami

1. Keturunan

Bukan hanya dari segi fisik saja yang bisa diturunkan dari orang tuanya, namun ada juga beberapa jenis penyakit yang diturunkan orang tua kepada anaknya. Diantaranya yaitu penyakit darah tinggi. Jika orang tua anda memiliki riwayat penyakit darah tinggi, maka bisa jadi anda juga berpeluang terkena penyakit darah tinggi pula.

2. Lemak jenuh dan lemak trans

Lemak jenuh serta lemak trans merupakan penyebab utama tekanan darah darah tinggi. Lemak semacam ini biasanya terdapat pada kulit ayam, susu, mentega, daging merah dan lain sebagainya. Bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan tersebut.

3. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan selain bisa merusak penampilan karena tubuh yang menjadi besar, juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit serius seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan jantung. Untuk menghindarinya sebaiknya anda melakukan diet sehat serta menjaga berat badan agar tetap ideal.

4. Setres atau depresi

Ketika orang mengalami setres biasanya orang akan mudah emosi dan cepat marah. Hal tersebut bisa terjadi karena hormon andrenalin meningkat tajam saat terjadi setres, organ jantung juga akan memompa lebih cepat jika terjadi setres. Akibatnya tekanan darah bisa meningkat secara drastis.

5. Usia

Bertambahnya usia juga terkadang bisa meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. Hal ini karena bertambahnya usia elasitas pembuluh darah kita akan semakin berkurang serta cenderung mengalami penyempitan, akibbaatnya tekanan darah tinggi pun akan meningkat.

6. Tidak pernah berolah raga

Tekanan darah tinggi biasanya sering menyerang orang yang bekerja di kantor. Hal ini karena orang yang bekerja di kantor biasanya sering mengakami setres dan kurang ada waktu untuk bergerak ataupun berolah raga, karena biasanya mereka hanya sering duduk di depan komputer.

7. Kopi atau kaffein

Jika anda memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya mulai dari sekarang anda harus meninggalkan kebiasaan meminum kopi, kopi bisa memperburuk tekanan darah tinggi karena kopi mengandung kaffein, kaffein tersebut bisa membuat tekanan darah semakin meingkat.

8. Kebiasaan minum alkohol

Alkohol dalam agama Islam sangat diharamkan dan dilarang keras untuk diminum. Hal ini bukan tanpa alasan, karena sesungguhnya alkohol banyak memberikan dampak negatif buat kesehatan tubuh, selain itu juga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, diantara yaitu bisa menyebakan tekanan darah tinggi.

9. Garam dan gula

Garam dan gula bisa meningkatkan tekanan darah tinggi. Kandungan garam dan gula banyak ditemukan pada makanan cepat saji atau junk food. Garam dan gula selain bisa menyebabkan meningkatkatnya tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan obesitas.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi

1. Menurunkan berat badan yang berlebih

Tekanan darah yang meningkat bisa karena meningkatnya berat badan seseorang. Secara umum, semakin anda kehilangan berat badan maka bisa semakin efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda. Sebaliknya jika semakin banyak lemak yang menempel pada pinggang, maka kemungkinan bisa beresiko lebih besar mengalami tekanan darah tinggi.

2. Olah raga secara teratur

Olah raga yang teratur merupakan cara yang mudah untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Olah raga merupakan cara yang paling efektif untuk membakar lemak jenuh serta lemak trans yang merupakan lemak jahat penyebab meningkatnya tekanan darah tinggi.

3. Kurangi setres

Seperti yang sudah diketahui tekanan darah tinggi juga bisa terjadi karena setres. Nah untuk menghindari tekanan darah tinggi maka anda harus bisa menghindari setres. Jadikan hidup anda dengan suasana yang santai dan pikiran yang positif.

4. Mentimun

Mentimun merupakan jenis sayuran yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi, bahkan efeknya bisa dketahui secara langsung. Mentimun banyak memiliki kandungan potassium yang bisa berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Jeruk

Selain mentimun jeruk juga bisa efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jeruk kaya akan vitamin C, potassium, serat dan rendah sodium. Sehingga jeruk sangat efektif sekali dalam bekerja menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Melon

Melon merupakan buah-buahan yang sangat menyegarkan, dibalik kesegarannya tersebut ternyata melon juga memiliki khasiat untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi karena buah melon juga memiliki kandungan level potassium yang tinggi.

7. Mengkudu

Mengkudu merupakan tanaman obat yang sangat populer untuk mengobati berbagai macam penyakit. Diantaranya yaitu untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang biasa banyak dialami oleh orang-orang.

8. Blewah

Blewah juga merupakan buah yang memiliki level potassium yang sangat tinggi. Hal ini yang kemudian membuat blewah mampu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang sering dialami.

9. Bayam

Daun bayam memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, selain itu daun bayam juga memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium merupakan zat yang sangat baik yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

10. Buncis

Buncis merupaka salah satu sayuran hijau yang juga memiliki khasiat bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Buncis banyak memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik buat tubuh, selain itu buncis juga mamiliki khasiat bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

11. Seledri

Seledri banyak memiliki kandungan kalsium dan kalium yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dengan menambahkan seledri pada menu makan anda bisa mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

12. Bawang putih

Bawang putih ternyata sangat ampuh dalam menyembuhkan tekanan darah tinggi. Bawang putih terbukti ampuh dalam mencegah terjadinya proses pembekuan darah, serta mampu menahan efek yang timbul dari tekanan darah tinggi.

13. Tomat

Tomat banyak memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Tomat banyak mengandung kalsium, kalium serta vitamin C yang bisa membantu tubuh dalam menurunkan tekana darah tinggi.

14. Kentang

Kentang termasuk ubi-ubian yang banyak memiliki khasiat dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Selain memiliki sumber karbohidrat yang sehat, kentang juga memiliki kandungan kalsium dan potassium yang tinggi yang berguna untuk mengomtrol tekanan darah tinggi dalam tubuh.

15. Kedelai

Sebagaimana dengan kentang, kedelai juga memiliki kandungan magnesium dan kalium yang sangat tinggi, kandungan tersebut bisa membantu dalam mengontrol tekanan darah di dalam tubuh serta membantu menurunkan tekanan darah.

16. Pisang

Buah yang lezat ini banyak memiliki kandungan potassium dan kalium yang sangat tinggi. Buah ini menjadi salah satu pilihan yang tepat dalam menyembuhkan hipertensi, selain itu buah ini juga bisa membantu sebagai penunjang tinggi badan pada masa perkembangan anak.

Demikianlah informasi tentang  Penyebab Dan Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Secara Alami. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan