Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Peringatan 110 Thn Sisingamangaraja XII Digelar di Balige

Starberita – Balige, Golongan Si Raja Batak Parbaringin Malim Marsada, menggelar Ritual Adat Tonggo (Doa) dan Tortor di Makam Raja Sisingamangaraja XII di Pagarbatu, Balige.

Ritual ini dalam rangka memperingati 110 tahun gugurnya Pahlawan Nasional dari Tanah Batak ini dipimpin Sampuara Marpaung.

Bupati Toba Samosir, Darwin mengatakan kedepan acara-acara seperti ini akan dikemas lebih baik, sehingga menjadi atraksi wisata yang menarik. “Bila perlu dilaksanakan dua hari, supaya wisman-wisman mancanegara bisa kita undang menyaksikan betapa tingginya peradaban leluhur “Bangso Batak”. Dan ini nanti, akan kami usulkan ke Kementerian Pariwisata supaya menjadi program tahunan,” ujarnya, kemarin.

Sebelum ritual digelar golongan Si Raja Batak Parbaringin Malim Marsada, Sekretaris Dinas Sosial Nelly Lumbantobing membacakan sejarah singkat perjalanan hidup dan perjuangan Raja Sisingamangaraja XII yang bergerilya selama 30 tahun (1878-1907) melawan tentara penjajah kolonial Belanda.

Kemudian dilanjutkan upacara Nasional dengan Irup Bupati Darwin Siagian, peletakan karangan bunga dan penaburan bunga di Makam Raja Sisingamangaraja XII, makam Raja Patuan Nagari dan Patuan Anggi, (dua putra Raja Sisingamangaraja XII yang gugur bersama dalam perang), makam putri tercintaya siboru Lopian dan lainnya.

Terkait peringatan 110 tahun gugurnya Raja Sisingamangaraja XII, Ketua Umum Keluarga Pomparan Siraja Oloan, Brigjen (Purn) Tarida Sinambela berpesan, supaya generasi muda meneruskan perjuangan Raja Sisingamangaraja XII.

“Raja Sisingamangaraja tidak pernah makan roti Belanda, tidak pernah mau dibujuk menjadi Sultan. Raja Sisingamangaraja XII tetap berjuang mengusir penjajah dengan menyatakan perang pulas. Karena jika sudah dinyatakan pulas, semua generasi muda siap mempertahankan NKRI dan memajukan bangsa dan negara,” ujarnya.

Mengenai rencana renovasi Makam Raja Sisingamangaraja XII, Tarida Sinambela mengaku pihak keluarga merespon dengan baik. “Kami keluarga dari Medan berterimakasih kepada Pemerintah khususnya Pemkab Tobasa yang betul betul merespon rencana renovasi Makam Pahlawan Nasional ini.” (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan