Search
Selasa 27 Juni 2017
  • :
  • :

Penyebab & Cara Mencegah Asam Lambung Naik

Starberita – Jakarta, Penyakit asam lambung merupakan jenis penyakit yang sudah umum terjadi di masyarakat. Kondisi tersebut disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa penyebab dan cara mencegah asam lambung naik. Agar anda tidak penasaran dengan isinya langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan buat anda. Berikut Penyebab dan cara mencegah asam lambung naik.

A. Gejala gangguan asam lambung

Orang yang mengalami asam lambung mungkin akan merasa kurang nyaman terutama pada bagian lambung, beberapa orang merasa sakit dan nyeri pada lambung. Berikut ini beberapa jenis gejala asam lambung yang sering terjadi :
a. Rasa tidak nyaman pada perut seperti nyeri, kembung dan panas.
b. Sering mengeluarkan gas lewat sendawa
c. Gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, mual dan muntah
d. Nafsu makan yang turun karena perut selalu terasa kenyang
e. Perut terasa lapar namun tidak nyaman jika makan
f. Tubuh terasa lemah dan mudah terserah penyakit

B. Penyebab asam lambung naik

1. Pola makan yang tidak teratur

Pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Hal ini bisa terjadi karena jarak kerja waktu waktu sistem pencernaan yang terlalu jauh sehingga bisa menyababkan kenaikan asam lambung.

2. Diet ketat

Orang yang diet ketat rentan untuk mengalami gangguan asam lambung. Diet yang tidak memperhatikan keseimbangan nutrisi untuk tubuh bisa membuat produksi asam lambung menjadi terganggu, orang yang melakukan diet umumnya memiliki asam lambung yang tinggi.

3. Makanan pedas

Konsumsi makanan yang terlalu pedas bisa meningkatkan asam lambung serta menyebabkan nyeri pada lambung. Makanan pedas bisa meningkatkan asam lambung yang bisa membuat penderitanya mengalami sakit perut serta gangguan pencernaan lainnya.

4. Kekurangan vitamin

Orang yang kekurangan asupan vitamin dan mineral sangat rentan terhadap gangguan asam lambung vitamin dan mineral sangat penting untuk menjaga keseimbangan asam lambung sehingga tubuh menjadi nyaman.

5. Makanan berserat

Konsumsi makanan yang mengandung serat yang berlebihan bisa menyebabkan organ pencernaan membutuhkan waktu khusus untuk mencerna makanan. Hal ini bisa membuat produksi asam lambung mengalami peningkatan.

6. Kaffein

Kandungan kaffein yang terdapat pada kopi bisa meningkatkan asam lambung, konsumsi kaffein yang berlebihan bisa meningkatkan asam lambung karena memicu produksi asam lambung yang berlebihan.

7. Alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi alkohol yang berlebihan bisa meningkatkan efek buruk untuk lambung karena bisa menghentikan sistem kerja sel dalam lambung yang menghasilkan asam lambung.

8. Masalah pada lambung

Masalah yang terjadi pada lambung bisa disebabkan karena asupan yang mengandung hipoklorida sehingga lambung tidak bisa memproduksi asam lambung.

9. Setres

Gangguan emosi seperti setres bisa menjadi penyebab naiknya asam lambung yang sering menjadi penyebab penyakit maag atau gangguan lambung lainnya.

10. Infeksi

Infeksi bakteri ( helicobacter pylori ) yang menyebabkan tubuh tidak bisa menghasilkan asam lambung. Bakteri ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan atau minuman yang kurang bersih.

11. Usia

Orang yang lanjut usia lebih rentan terhadap gangguan asam lambung karena sistem tubuh mereka tidak bisa memproduksi asam lambung yang seimbang, karena itu mereka lebih rentan diare ataupun perut kembung.

12. Kanker

Penyakit kanker yang menyerang pada lambung juga bisa memicu produksi asam lambung mengalami kenaikan yang pesat.

C. Tips mencegahnya

  1. Lakukan olah raga secara teratur, anda bisa melakukan olah raga yang ringan minimal 10 menit setiap harinya serta mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari.
    2. Konsumsi makanan yang seimbang dengan asupan vitamin, protein dan mineral.
    3. Hindari makanan yang terlalu pedas dan asam.
    4. Hindari makanan yang mengandung lemak berlebih seperti lemak yang terdapat pada daging ayam ataupun daging merah.
    5. Konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung serat seperti alpukat, nanas, bayam, strawberry, sawi dan beberapa jenis lainnya.
    6. Hindari melakukan diet ketat yang tidak seimbang nutrisi tubuh, diet yang baik harus tetap bisa memperhatikan keseimbangan kebutuhan nutrisi buat tubuh.
    7. Atur porsi makan agar organ pencernaan tetap sehat seperti makanan sedikit dengan porsi yang kecil namun sering.
    8. Hindari makan yang berlebihan saat malam hari karena hal tersebut bisa memperburuk kesehatan, bahkan organ pencernaan bisa mengalami dampak langsung dengan peningkatan produksi asam lambung.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Dan Cara Mencegah Asam Lambung Naik. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan