Search
Sabtu 23 September 2017
  • :
  • :

Minyak Cengkeh, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Starberita – Jakarta, Cengkeh merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak khasiatnya. Sudah banyak diketahui bahwa cengkeh memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, bahkan cengkeh pun sering dijadikan sebagai bahan racikan obat alami atau obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Berbicara tentang cengkah, cengkeh itu sendiri merupakan suatu flora apotik hayati yang menyimpan khasiat baik dalam dunia kesehatan. Bagi sebagian orang yang bergelut di dunia kesehatan, biasanya memanfaatkan cengkeh untuk diambil minyaknya dan dijadikan sebagai obat alami kesehatan. Kandungan alami pada minyak cengkeh ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti gangguan jantung.

Ada banyak manfaat yang bisa anda rasakan ketika memanfaatkan minyak cengkeh dengan baik dan benar. Untuk menambah pengetahuan dan bisa memanfaatkan cengkeh dengan baik, berikut ini sejuta manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan:

  1. Antibakteri

Minyak cengkeh bersifat antibakteri yang sangat baik untuk mengobati dan mencegah infeksi pada luka ringan. Yaitu dengan cara mengoleskan minyak cengkeh pada luka. Bukan hanya itu saja, ketika anda mencampurkan minyak cengkeh dengan minyak lemon serya air, anda bisa menggunakannya sebagai pembersih di rumah untuk membunuh bakteri.

2. Anti mikroba

Minyak cengkeh juga memiliki sifat anti mikroba yang dapat membantu menjaga tubuh kita agar terhindar dari kuman berbahaya. Dengan menambahkan beberapa tetes minyak cengkeh pada sabun atau lotion akan membantu membunuh kuman. Aroma minyak cengkeh ini jika dihirup juga dapat membantu mencegah flu.

3. Anti-inflamasi

Otot yang lelah setelah bekerja keras seharian bisa anda atasi dengan menggunakan minyak cengkeh. Sidat anti inflamasi pada minyak cengkeh membantu mengobati rasa lelah pada otot. Campurkan minyak cengkeh dengan minyak carrier seperti jojoba atau lotion untuk dijadikan krim pijat. Minyak cengkeh ini juga sangat baik untuk penderita bronkitis dan asma karena dapat mengurangi peradangan.

4. Anastesi

Minyak cengkeh juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan iritasi pada mulut dan mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan oleh gigi yang terinfeksi. Campurlah minyak cengkeh dengan air dan gunakanlah untuk berkumur sebagai pereda nyeri tenggorokan. Lakukanlah secara rutin. Resep ini telah dipercaya efektifnya sejak zaman dulu.

5. Anti jamur

Sifat anti jamur pada minyak cengkeh ini dapat membantu melawan berbagai macam infeksi jamur. Seperti pada kondisi jamur pada kuku, bisa diredakan dengan baik menggunakan kapsul minyak cengkeh dan mengoleskan minyak cengkeh pada kulit. Lakukan cara ini untuk mencegah infeksi jamur.

6. Aromaterapi

Selain untuk pengobatan infeksi dan sebagainya, minyak cengkeh juga bisa anda gunakan sebagai bahan alami aromaterapi. Campurkan minyak cengkeh dengan air dan masaklah hingga mendidih. Gunakan uap minyak cengkeh tersebut sebagai pengisi ruangan. Jika terhirup akan membuat pikiran anda menjadi lebih tenang dan fresh.

7. Pencegahan infeksi

Seperti yang telah dijelaskan pada poin atas, bahwa minyak cengkeh bersifat antiseptik, sehingga dapat menyembuhkan berbagai macam infeksi seperti pada luka, kudis, infeksi jamur, memar, biang keringat, dan lain sebagainya. Minyak cengkeh juga bisa anda gunakan untuk mengobati gigitan atau sengatan serangga. Tapi ingat, jangan gunakan pada kulit yang sensitif.

8. Mengatasi stres

Minyak cengkeh merupakan afrodisiak alami, sehingga dapat membantu menghilangkan stres. Dengan meminum atau menghirup aroma minyak cengkeh akan dapat membantu menyegarkan pikiran dan merangsang fungsi otak. Bahkan minyak cengkeh ini juga dapat membantu mengobati insomnia. Jika anda mengalami depresi atau cemas berlebihan, obatilah dengan minyak cengkeh.

9. Mengobati sakit gigi

Minyak cengkeh telah dipercaya dapat mengobati masalah sakit gigi. Untuk cara pengobatannya ini sangat mudah. Yaitu dengan menempatkan atau mengoleskan minyak cengkeh pada daerah gigi yang sakit atau berlubang. Kandungan zat pada minyak cengkeh ini bersifat antibiotik yang sangat ampuh membunuh bakteri jahat.

10. Mengatasi mual dan mutah

Cengkeh memiliki berbagai macam kandungan yang sangat baik untuk mengatasi masalah mual dan muntah-muntah. Selain cengkeh, anda juga bisa memanfaatkan minyaknya untuk mengatasi masalah ini. Dengan pengobatan menggunakan minyak cengkeh akan membantu mengobati mual dan muntah.

11. Mengobati sakit kepala

Minyak cengkeh bisa anda kombinasikan dengan apa saja yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah mencampurkan minyak cengkeh dengan garam. Campuran tersebut lalu anda oleskan pada dahi. Efek dingin yang diberikan akan dapat membantu meringankan sakit kepala. Minyak cengkeh juga mengandung flavonoid yang merupakan agen anti inflamasi.

12. Mengatasi masalah pernapasan

Jika anda memiliki masalah pernapasan, anda juga bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak cengkeh. Sifat antiinflamasi dan efek dingin dari minyak cengkeh dapat membantu mempersihkan rongga hidung. Sehingga dapat mengobati masalah pernapasan seperti batuk, pilek, bronkotis, asma, sinuistis, dan TBC. Anda juga bisa mengunyah cengkeh secara langsung untuk mencegah sakittenggorokan.

13. Melancarkan pencernaan

Minyak cengkeh juga sangat efektif dalam membantu melancarkan pencernaan. Gangguan pencernaan seperti cegukan, mabuk, dan perut kembung juga bisa diatasi dengan menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh memiliki efek kuat dari eugenol, yaitu salah satu bagian fungsional utama dari minyak atsiri cengkeh.

14. Meredakan batuk

Seperti yang telah dijelaskan pada poin atas, minyak cengkeh dapat menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh tenggorokan gatal atau sebagainya. Hal ini karena minyak cengkeh bersifat antiinflamasi. Mungkin rasanya sedikit getir dan ada pahitnya, tapi kandungan dalam cengkeh ini adalah ekspektoran alami yang mengencerkan dahak.

15. Menghilangkan bau mulut

Selain membantu mengatasi masalah sakit gigi, minyak cengkeh juga bisa mengatasi masalah bau mulut. Jika anda memiliki bau napas yang tidak sedap bisa diatasi dengan minyak cengkeh. Cucilah 10 butir cengkeh lalu seduh dengan 200 cc air panas. Diamkan selama lima menit. Setelah dingin, saring airnya dan gunakan untuk berkumur.

16. Meningkatkan sirkulasi darah

Minyak cengkeh juga bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh, yaitu dengan jalan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi suhu tubuh. Peningkatan sirkulasi darah ini juga berarti mengurangi ketegangan pembuluh darah yang menjadi penyebab sakit kepala.

17. Membersihkan darah

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa ekstrak aroma minyak cengkeh dapat membantu mengurangi toksisitas dalam darah dan merangsang aktivitas antioksidan seluruh tubuh. Sehingga dapat sistem kekebalan tubuh pun bisa meningkat trombosit pun bisa dibersihkan.

18. Mengatasi  sinustisi

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa minyak cengkeh bisa mengatasi masalah sinustisi. Caranya yaitu dengan memanfaatkan bubuk cengkeh dan meletakkannya di bagian hidung. Anda juga bisa langsung mengoleskan minyak cengkeh di bagian hidung anda.

19. Menyehatkan jantung

Minyak cengkeh telah dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan eugenol pada minyak cengkeh ini berfungsi mencegah pembekuan pada darah, yang sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung ataupun stroke.

20. Mengatasi diabetes

Minyak cengkeh juga dapat anda manfaatkan untuk mengatasi masalah diabetes. Ya, kandungan alami pada minyak cengkeh dapat mengontrol kadar gula darah, sehingga sangat berguna untuk pasien yang menderita diabetes. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa insulin dan glukosa merespon postprandial lebih teratur ketika minyak cengkeh bekerja pada sistem tubuh. Manfaatkan minyak cengkeh dengan baik agar terhindar dari diabetes.

Demikianlah informasi tentang Sejuta Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan