Search
Senin 25 September 2017
  • :
  • :

Lancarkan Sistem Pencernaan dengan Makanan Ini

Starberita – Jakarta, Ketika anda lapar, makanan apa yang akan anda pilih untuk mengisi perut anda yang kosong tersebut? Pasti anda akan memilih makanan yang menurut anda enak dan tidak peduli kandungan yang ada dalam makanan tersebut. Benar tidak?

Berbicara tentang makanan, memang tidak ada salahnya kita memilih makanan yang enak. Tapi harus ingat, anda juga harus melihat kandungan apa saja yang terdapat pada makanan tersebut. Jika salah pilih makanan, maka bisa saja menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti pada pencernaan. Ya, pencernaan anda bisa saja terganggu dan sulit buang air besar jika makanan yang dikonsumsi sangat rendah serat dan bahkan tidak berserat.

Sebenarnya ada banyak makanan yang bisa anda pilih untuk anda konsumsi agar pencernaan anda tetap lancar. Tentunya makanan yang mengandung serat. Namun sebelum itu, ketahuilah berikut ini beberapa penyebab mengapa anda sulit buang air besar atau bermasalah pada pencernaan:

Penyebab sistem pencernaan terganggu

  • Kurang mengkonsumsi makanan berserat
  • Kurang minum air mineral atau air putih
  • Managemen stres yang buruk
  • Kurang beraktivitas fisik
  • Terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani
  • Kurang mengkonsumsi buah dan sayur
  • Tidak halus dalam mengunyah makanan
  • Melampiaskan kesedihan dengan banyak makan
  • Mengkonsumsi karbohidrat berlebihan
  • Setelah makan langsung tidur
  • Terlalu banyak atau lama duduk.

Makanan sehat untuk melancarkan sistem pencernaan

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab terganggunya pencernaan anda hingga sulit buang air besar, sekarang saatnya anda tahu bagaimana cara mengatasi hal itu. Berikut ini kumpulan daftar makanan untuk membantu anda melancarkan sistem pencernaan:

1. Air putih

Air putih memang bukan tergolong dalam kelompok makanan. Namun air putih sangatlah penting untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari, selain tubuh kita akan selalu terhidrasi dengan baik, sistem pencernaan kita juga akan selalu lancar.

2. Buah pepaya

Buah pepaya sangat kaya akan kandungan air dan seratnya. Sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin akan dapat melancarkan pencernaan dan membuat buang air besar menjadi lebih mudah. Ada juga buah lain yang memiliki manfaat sama yaitu, semangka, melon, anggur, jeruk, tomat, dan sawo.

3. Ubi jalar

Ubi jalar juga sangat baik untuk sistem pencernaan. Selain kandungan seratnya yang tinggi, ubi jalar juga memiliki kandungan  karbohidrat kompleks, vitamin B6, dan C yang sangat berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Maka dari itu konsumsilah ubi jalar secara rutin agar pencernaan tetap lancar.

4. Buah pisang

Buah pisang sangat digemari oleh banyak orang, bukan hanya rasanya saja yang enak, tapi juga kandungan seratnya yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, pisang juag mengandung protein yang dapat memperbaiki dan memelihara jaringan saluran pencernaan. Bagi penderita diare, pisang juga sangat cocok sebagai penyembuhan alami.

5. Brokoli

Salah satu sayuran yang sangat bermanfaat untuk pencernaan tubuh adalah brokoli. Sifat antioksidan didalamnya dapat mencegah resiko kanker, termasuk kanker usus besar. Dan juga kandungan seratnya yang tinggi akans angat membantu melancarkan pencernaan dan melancarkan buang air besar.

6. Kentang

Kentang sudah sangat dikenal dapat melancarkan BAB. Hal ini disebabkan karena kentang sangat kaya akan kandungan seratnya. Belum lagi kalau kentang juga kaya akan minteral penting termasuk zat besi dan sebagainya yang sangat membantu mencegah anemia.

7. Sayuran segar

Hampir semua jenis sayuran segar memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk pencernaan. Hal ini karena sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, serat, dan lainnya yang dapat menjaga kesehatan dan mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh. Pilihlah makanan yang lebih utama mengandung serat agar pencernaan tetap lancar.

8. Sereal

Sereal terbuat dari gandum yang sangat kaya akan kandungan seratnya. Anda bisa menjadikan sereal sebagai menu sarapan anda. Dengan mengkonsumsi sereal secara rutin dapat membantu melancarkan pencernaan anda. Sehingga sistem pencernaan akan terhindar dari gangguan masalah kesehatan.

9. Strowberi

Salah satu jenis buah beri yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan adalah buah strowberi. Buah ini sangat kaya akan serat dan rendah kalori. Namun buah ini akan sangat tinggi kalori jika diolah dengan cara dikeringkan. Anda bisa mengkonsumsi buah ini untuk melancarkan pencernaan. Anda juga bisa memilih buah beri lainnya seperti buleberi, rasberi, dan blackberi.

10. Kacang-kacangan

Berbagai macam jenis kacang-kacangan juga bisa anda manfaatkan untuk melancarkan sistem pencernaan anda. Jenis kacang-kacangan ini memiliki kandungan zink yang sangat baik untuk pencernaan. Anda bisa memilih jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, buncis, kacang tanah, dan lainnya.

Demikianlah informasi tentang  Daftar Makanan untuk Melancarkan Sistem Pencernaan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan