Search
Sabtu 11 April 2020
  • :
  • :

Cegah Osteoporosis dengan Makanan Sehat Ini

Starberita – Jakarta, Osteoporosis adalah salah satu gangguan kesehatan pada tulang yang menyebabkan tulang menjadi kropos dan tidak kuat melakukan suatu aktivitas atau mengangkat suatu beban. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Dan yang paling utama adalah karena pola hidup yang kurang sehat.

Berbicara tentang penyakit osteoporosis, banyak orang yang tidak memperhatikan akan bahanyanya penyakit ini. Memang sekarang tidak merasakan efek dari osteoporosis karena penyakit ini akan menyerang dalam jangka panjang. Biasanya osteoporosis akan menyerang di usia tua jikalau diusia mudanya jarang beraktivitas dan tidak menjaga pola hidupnya dengan baik. Lalu bagaimana cara mengatasi atau mencegah osteoporosis?

Untuk mencegah osteoporosis ada banyak cara yang bisa dilakukan. Dan yang paling khusus adalah menerapkan pola hidup sehat sejak dini, yaitu beraktivitas rutin, istirahat cukup, dan mengkonsumsi makanan yang dapat mendukung pencegahan osteoporosis. Berikut ini ada beberapa makanan sehat yang dapat membantu anda dalam mencegah osteoporosis:

  1. Susu dan produk susu

Anda bisa mengkonsumsi susu secara rutin setiap harinya agar tulang anda tetap terjaga kesehatan dan kekuatannya. Hal ini karena susu mengandung kalsium yang sangat baik untuk tulang. Bukan hanya susu saja, tapi juga berbagai macam makanan atau minuman berbahan susu.

2. Sayuran

Sayuran adalah salah satu makanan yang wajib anda konsumsi jika ingin tubuh anda tetap terjaga kesehatannya, terutama tulang anda. Sayuran sangat kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan tulang. Dengan mengkonsumsi sayuran setiap harinya akan membuat tulang menjadi lebih kokoh dan kuat. Anda bisa memilih sayuran seperti brokoli, kembang kol, bit, atau sayuran hijau seperti bayam dan lainnya.

3. Buah-buahan

Anda juga bisa memilih berbagai macam buah-buahan untuk dikonsumsi setiap harinya. Anda bisa memilih buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu biji, strowberi, nanas, dan lain sebagainya. Hal ini karena vitamin C dapat memperkuat tulang anda. Anda juga jangan melupakan buah seperti pisang dan apel. Buah ini juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga berperan penting dalam merawat kesehatan tulang anda. Kandungan zat gizi dalam kacang-kacangan mampu mencegah tulang dari pengroposan. Hal ini karena kacang-kacangan mengandung kalsium, magnesium, mangan, dan fosfor. Anda bisa memilih kacang seperti almond, kacang pistachio, dan kacang lainnya yang mengandung kalsium baik. Selain itu, kacang kedelai, kacang lima, dan kacang lentil juga dapat anda pilih karena merupakan sumber kalsium penting untuk mencegah osteoporosis.

5. Ragi

Ragi memiliki kandungan 330-350 mg kalsium per 100 gr berat kering. Sehingga sangat baik untuk anda pilih sebagai makanan pencegah osteoporosis. Konsumsilah ragi ini secukupnya untuk menjaga kesehatan tulang anda.

6. Kurma

Bagi anda penggemar kurma yang manis dan lezat ini, kabar gembira bahwa kurma ternyata dapat membantu menyehatkan, menguatkan, dan mencegah tulang dari osteoporosis. Kandungan kalsium, dan magnesium didalamnya dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dalma tubuh. Konsumsilah kurma ini secara rutin.

7. Telur

Telur sangat kaya akan kandungan proteinnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin D dalam telur juga dapat membantu mencegah pengroposan tulang. Anda bisa memilih telur untuk anda konsumsi setiap harinya agar kesehatan, kepadatan, dan kekuatan tulang tetap terjaga.

8. Omega 3

Omega 3 adalah salah satu nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini dapat anda peroleh dari makanan biji-bijian seperti biji labu, biji rami, atau juga pada minyak ikan. Kandungan omega 3 ini selain dapat mencegah osteoporosis juga dapat membantu melawan penyakit seperti penyakit rematik dan nyeri sendi.

9. Suplemen

Jika anda sedikit malas mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber kalsium dan vitamin D, anda bisa memanfaatkan suplemen sebagai gantinya. Minum suplemen secara teratur dapat membantu memperbaiki struktur tulang. Tapi ingat, jangan berlebihan mengkonsumsi suplemen, akan lebih baik jika konsultasi dokter terlebih dahulu.

10. Ikan

Berbagai macam ikan yang bisa anda manfaatkan untuk mencegah tulang anda dari pengeroposan. Pilihlah ikan yang mengandung omega 3 dan kandungan bermanfaat lainnya, seperti ikan salmon, sarden, dan tuna. Ikan-ikan tersebut juga kaya akan kalsium dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

11. Dagung unggas

Anda juga bisa mencoba memanfaatkan daging unggas untuk menjadi makanan rutin anda. Kandungan protein dalam daging unggas ini dapat membantu menjaga kepadatan tulang anda. Konsumsilah daging unggas tanpa kulit agar kesehatan tulang anda tetap terjaga.

Demikianlah informasi tentang Makanan Sehat untuk Mencegah Osteoporosis. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: