Search
Selasa 24 Oktober 2017
  • :
  • :

Lobak, Ini Kandungan Gizi & Manfaatnya untuk Kesehatan

Starberita – Jakarta, Lobak adalah salah satu sayuran yang dimanfaatkan bagian umbinya. Lobak ada banyak jenisnya. Berdasarkan warnyanya, lobak ada yang berwarna putih, merah, dan ada juga yang berwarna ungu. Pada dasarya semua jenis lobak itu memiliki manfaat yang sama, yaitu baik untuk kesehatan tubuh.

Lobak sebenarnya bisa ditemukan dengan mudah. Bahkan di pasar pun sayuran pun banyak yang menjual lobak. Anda bisa memanfaatkannya dengan diolah berbagai macam cara. Yang pasti, lobak sangatlah baik untuk kesehatan tubuh. Bagi anda yang ingin mengolah lobak, ada satu tips yang bisa anda coba. Sebelum mengolah lobak, rendamlah lobak ke dalam air es, sehingga ketika dimasak atau dijadikan salad, kerenyahannya masih bisa dirasakan.

Berbicara tentang lobak, mungkin banyak yang bertanya, sebenarnya apa saja manfaat dari sayuran yang satu ini? Manfaatnya sangatlah beragam. Namun sebelum mengetahui apa saja manfaat dari lobak, berikut ini beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam lobak:

Kandungan Gizi lobak

  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Minyak Atsiri
  • Beta Carotene
  • Niasin
  • Mangan
  • Kolin
  • Asam Folic
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Asam oksalat
  • Serat kasar

Manfaat lobak untuk kesehatan

1. Menyembuhkan demam

Lobak memiliki kandungan alami yang dapat membantu mengatasi masalah demam. Jika anda mengalami demam, anda bisa memilih lobak putih untuk menurunkan suhu panas serta menyembuhkan peradangan yang menjadi penyebab demam. Anda bisa mengolahnya dengan cara di jus lalu dicampurkan garam secukupnya dan minumlah secara rutin.

2. Membantu memulihkan kesehatan sistem pernafasan

Sistem pernafasan adalah salah satu sistem terpenting dalam tubuh kita. Oleh sebab itu kita harus menjaga kesehatannya. Jika terdapat masalah pada sistem pernafasan, segeralah lakukan pengobatan secara alami seperti menggunakan lobak. Penyumbatan yang terjadi pada hidung, tenggorokan, hingga paru-paru, anda bisa memulihkan atau menyembuhkan dengan rutin mengkonsumsi lobak.

3. Menyembuhkan gigitan serangga

Gigitan berbagai macam serangga juga bisa anda obati dengan memanfaatkan sayuran lobak. Kandungan zat-zat yang bersifat prunitis didalamnya dapat membantu menyembuhkan gigitan serangga seperti lebah atau tawon. Lobak akan meredakan rasa sakit dan efek demam akibat gigitan serangga.

4. Mengobati eksim

Jika anda menderita penyakit eksim, pilihlah lobak putih sebagai obat alami yang efektif mengobati penyakit eksim. Untuk memanfaatkannya, anda bisa menghaluskan lobak putih secukupnya dan campurkan dengan sari jahe untuk memberikan rasa.

5. Penawar racun

Lobak putih juga memiliki manfaat sebagai penawar racun. Bahkan zaman dahulu, lobak telah digunakan sebagai penawar racun bagi yang overdosis obat-obatan. Efek yang ditimbulkan adalah akan memuntahkan obat yang masuk di dalam tubuh sehingga tidak berdampak kronis.

6. Menurunkan berat badan

Berat badan yang berlebih memang terasa tidak nyaman. Untuk menurunkannya, anda bisa memanfaatkan lobak. Kandungan  memiliki kandungan alami yang dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan makan lobak, anda akan menjadi lebih kenyang namun tidak membuat anda gemuk. Perbanyaklah makan lobak saat anda menjalankan program diet.

 7. Mengobati penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang berbahaya. Anda dapat mengobati dan mencegahnya dengan memanfaatkan lobak putih. Lobak putih dapat melenyapkan produksi bilirubin yang berlebihan. Lobak putih juga mampu memperbaiki produksi sel-sel darah dalam tubuh dan ketidaknormalan sel tersebut dengan oksigen yang dibawa oleh zat-zat dalam lobak putih.

8. Menyebabkan leukoderma

Zat yang terdapat dalam lobak putih bersifat mendektoksifikasi dan anti karsinogenik yang dapat membantu menyembuhkan leukoderma. Yang paling berperan penting dalam penyembuhan adalah biji lobak putih. Haluskanlah biji lobak putih dan campur dengan cuka dan gunakan pada kulit yang berwarna putih. Anda juga bisa menggunakannya dengan cara dikonsumsi.

9. Ambeien

Ambeien juga salah satu penyakit yang mengganggu. Penyakit ambeien penyebab utamanya adalah sembelit. Anda dapat mengatasi ambeien ini dengan menggunakan lobak. Lobak akan dapat membantu proses pencernaan dan pengeluaran tubuh. Jika anda menderita penyakit ambeien, minumlah jus lobak putih dua kali dalam sehari agar ambeien dapat reda dengan dan pencernaan jadi lancar.

10. Menyembuhkan liver yang bermasalah

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa lobak putih dapat membantu menyembuhkan masalah yang terjadi pada liver. Lobak putih mampu menjaga kenormalan fungsi dari liver. Lobak putih memiliki kandungan alami yang dapat membantu mendetoksifikasi liver dan dapat mengatur empedu dan bilirubin. Dan lobak putih pun akan membantu melepas enzim yang nantinya akan membantu mencegah liver.

11. Menyembuhkan batu ginjal

Batu ginjal juga merupakan penyakit yang berbahaya. Namun anda bisa mengobatinya dengan cara alami, yaitu dengan memanfaatkan lobak putih. Lobak putih dijadikan jus dapat mengobati batu ginjal lebih efektif. Selain itu, lobak putih yang di jus juga dapat mencegah pembentukan batu ginjal kembali.

12. Pengobatan kanker

Selain batu ginjal, kanker adalah penyakit yang juga sangat berbahaya jika dibiarkan saja. Anda bisa mencegah dan melakukan pengobatan dengan memanfaatkan lobak putih. Lobak putih mengandung vitamin C, asam folic, dan anthocyanins yang akan mendetoksifikasi radikal-radikal dan membantu efektifitas berbagai treatment dalam upaya penyembuhan kanker. Lobak putih ini bisa anda manfaatkan untuk mengobati kanker seperti kanker ginjal, usus, perut, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi tentang Kandungan Gizi Lobak dan Manfaatnya untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan