Search
Sabtu 16 Desember 2017
  • :
  • :

Kentang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Starberita – Jakarta, Kentang adalah salah satu makanan yang memang sudah dikenal akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Anda bahkan bisa memanfaatkan makanan yang satu ini sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit diabetes.

Ada banyak manfaat dari kentang yang bisa kita ambil. Kandungan nutrisi dan gizi didalamnya, seperti fosfor, zat besi, protein, kalsium, serta mineral lainnya. Kentang juga mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi. Jadi tak heran jika kentang dijadikan sebagai makanan pokok di negara asalnya yaitu Amerika.

Berbicara tentang kentang, mungkin banyak yang belum mengetahui akan manfaat dari kentang yang begitu menyehatkan tubuh. Agar bisa memanfaatkannya dengan baik, berikut ini beberapa manfaat kentang untuk kesehatan tubuh:

  1. Membangun dan pembentukan sel

Kentang mengandung vitamin B6 yang dapat membantu pemrosesan reaksi kimia yang dibutuhkan untuk pembentukan sel dalam tubuh. Vitamin B6 dibutuhkan lebih dari 100 enzimatik, enzim itu adalah protein yang menyebabkan reaksi kimia. Untuk itu vitamin B6 sangat dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel-sel baru dalam tubuh.

2. Kesehatan otak dan saraf

Selain untuk pembentukan sel, kandungan vitamin B6 dalam kentang juga dapat membantu menjaga kesehatan otak serta membantu dalam proses transmisi yang dilakukan dalam saraf. Konsumsilah kentang secara rutin agar kesehatan otak anda tetap terjaga, dan memori anda mudah digunakan untuk mengingat suatu hal.

3. Mengurangi peradangan

Kentang juga sangat efektif mengurangi peradangan, baik itu peradangan luar maupun dalam. Kandungan vitamin C, B6, dan kalium didalamnya dapat membantu mengurangi peradangan usus dan sistem pencernaan secara perlahan. Dan bagi anda yang terkena infeksi mulut, anda juga dapat mengatasinya dengan kentang. Konsumsilah kentang secara rutin, karena juga dapat mengatasi radang sendi dan encok, karena kentang juga bersifat anti inflamasi.

4. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang sangat buruk memang dapat membuat perut kita menjadi tidak nyaman. Anda bisa melancarkan pencernaan anda dengan memanfaatkan kentang. Kentang mengandung karbohidrat yang membuatnya mudah untuk dicerna. Kentang juga mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Konsumsilah kentang ini secara rutin, bukan hanya baik untuk anda, tapi juga baik untuk para bayi.

5. Meringankan rematik

Untuk meringankan rematik, kentang adalah salah satu makanan yang tepat untuk anda pilih. Kandungan vitamin, kalsium, magnesium, dan kandungan lainnya dapat membantu meringankan rematik secara perlahan. Namun karena kandungan karbohidrat dan zat tepung yang tinggi cenderung meningkatkan berat badan yang mungkin berefek buruk pada penderita rematik. Untuk itu, pandai-pandailah dalam mengkonsumsi dan menyeimbangkannya.

6. Meringankan diare

Seperti yang telah dijelaskan sedikit diatas, bahwa kentang juga dapat membantu meringankan penyakit diare. Namun ingat, jangan mengkonsumsi kentang berlebihan karena ada kandungan zat tepung yang tinggi yang juga dapat memicu penyakit diare. Konsumsilah secara cukup dan tidak berlebihan.

7. Menyehatkan tulang

Kentang juga memiliki kandungan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, kandungan zat besi yang terdapat didalamnya dapat membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Kombinasi antara zat besi, kalsium, fosfor, seng, dan juga magnesium akan sangat efektif membangun dan membentu struktur serta kekuatan tulang.

8. Mengurangi resiko batu ginjal

Penyakit batu ginjal memang menakutkan, tapi sebenarnya juga bisa disembuhkan secara perlahan menggunakan kentang. Kandungan magnesium yang tinggi ini dapat membantu menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Jadi, jangan takut mengkonsumsi kentang. Bahkan menu ini sering dimasukkan dalam menu diet.

9. Mengurangi kadar kolesterol

Kentang juga sangat bermanfaat dalam mengurangi kadar kolesterol. Hal ini karena kandungan zat potasium yang cukup banyak didalamnya yang efektif mengurangi dan mengontrol kolesterol dalam tubuh. Zat potasium ini mampu menghalangi penumpukan kolesterol dalam darah. Konsumsilah secara rutin dan teratur.

10. Menurunkan tekanan darah tinggi

Asupan natrium dalam tubuh harus dikurangi agar dapat membantu dalam hal menurunkan tekanan darah, namun asupan kalium sangat penting untuk ditingkatkan agar tekanan darah dalam tubuh bisa turun. Kentang merupakan sumber zat kalium, magnesium, dan kalsium yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah tinggi.

11. Menyehatkan jantung

Kentang juga mengandung berbagai macam zat gizi yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Seperti kandungan serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B6 didalamnya inilah yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Konsumsilah dengan baik dan rutin untuk kesehatan jantung anda.

12. Mencegah kanker

Vitamin B6 yang terkandung dalam kentang juga mampu melawan pembentukan tumor dalam tubuh. Sehingga sangat baik untuk anda konsumsi agar tidak terserang penyakit kanker. Dalam hal ini adalah kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. Mengkonsumsi kentang secara rutin dapat membantu mencegah tumbuh dan berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

Demikianlah informasi tentang  Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tubuh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan