Search
Sabtu 23 September 2017
  • :
  • :

Ini Ini Manfaat & Efek Samping Pare Buat Kesehatan & Kecantikan

Starberita – Jakarta, Pare adalah salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya itu, bahkan juga sangat baik untuk perawatan kecantikan. Namun ada satu masalah yang menjadikan banyak orang menjauhi pare. Yaitu rasanya yang pahit membuat banyak orang tidak menyukai pare.

Sebenarnya pare memiliki banyak manfaat yang bisa meningkatkan kesehatan. Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus, ditumis, atau dijadikan sebagai lalapan. Memang rasa pahitnya itu sangat melekat, namun manfaatnya sungguh luar biasa. Kandungan vitamin C, B komplek, folat, flavonoid, serat, dan lainnya, sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan, terutama pada kulit anda.

Berbicara tentang manfaat pare, tentu juga ada efek sampingnya. Ya, setiap kali memberikan manfaat baik tentu akan memberikan efek buruk juga. Namun ini akan terjadi jika berlebihan dikonsumsi. Namun sebelum mengetahui efek samping, ketahuilah manfaat lebih detail lagi tentang pare.

Manfaat pare untuk kesehatan

1. Membantu program diet sehat

Saat anda menjalankan program diet, tentu anda membutuhkan asupan makanan yang rendah kalori. Anda bisa memilih pare untuk anda konsumsi. Pare rendah akan kandungan kalori. Sehingga aman untuk anda konsumsi. Bahkan sangat cocok dikonsumsi para penderita diabetes.

2. Mengobati asma

Penyakit asma bisa anda obati menggunakan pare secara perlahan. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Massachusetts. Bahwa mengkonsumsi makanan pahit seperti pare dapat merangsang indra pengecap yang berada di saluran pernapasan. Ini akan memperlebar saluran pernapasan dan sehingga aliran udara lebih lancar dan baik.

3. Membuang racun dan menyehatkan liver

Pare juga bermanfaat untuk membersihkan racun dalam tubuh. Memang rasanya pahit, tapi sebenarnya bisa membuang racun dan mengikis lemak dalam tubuh, terutama pada liver. Sehingga liver anda lebih sehat dan tubuh lebih kuat.

4. Obat cacingan

Jika anda memiliki masalah kesehatan seperti cacingan, anda jangan khawatir. Pare dapat anda manfaatkan untuk mengatasi masalah cacingan. Anda bisa menjadikan pare sebagai obat alami cacingan. Ambilah 2-3 biji pare. Giling hingga halus. Tambahkan air dan aduk lagi. Lalu minumlah. Dilanjut minum air hangat. Ramuan ini untuk mengobati infeksi cacing gelang.

5. Demam, malaria, liver, sembelit

Apakah anda mengalami masalah kesehatan seperti demam, malaria, liver, sembelit, dan sebagainya? Jika iya, anda bisa mengobatinya dengan menggunakan pare. Cuci bersih daun pare hingga bersih lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan 1 cangkir air matang. Aduklah hingga merata lalu disaring. Air hasil saringan lalu ditambahkan garam sedikit. Lalu minumlah dipagi hari sebelum makan.

6. Obat bisul

Daun pare juga bisa anda gunakan untuk mengobati bisulan. Obat tradisional pare ini merupakan obat yang dipercaya sangat manjur dizaman dahulu. Cuci bersih segenggam daun pare dan rebus dengan 3 gelas air bersih. Setelah dingin lalu saring airnya. Lakukan cara ini selama beberapa hari hingga bisul kembes dan pecah.

7. Mengobati kencing nanah

Masalah kencing bernanah juga bisa anda atasi dengan menggunakan pare. Ramuan tradisional ini sangat efektif mengatasi kencing nanah. Sapkan 6 lembar daun pare, 2 jari akar jayanti, 2 jari kulit kamboja, dan 1 jari rimpang temulawak. Cuci semua bahan dan potonglah seperlunya. Rebuslah hingga mendidih dengan 4 gelas air. Saringlah airnya lalu minum 2 kali sehari.

8. Mengobati diare

Diare bisa menyebabkan penderitanya merasa sakit perut dan ingin selalu buang air besar. Anda bisa menggunakan akar pare untuk mengatasi masalah diare. Ambilah akar pare yang masih segar 30g. Cuci bersih dan potong-potong seperlunya. Rebuslah dengan 3 gelas air. Tambahkan gula pasir secukupnya dan minumlah.

9. Membersihkan darah

Kandungan senyawa cucurbitacins pada pare dapat membantu membersihkan darah dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dijadikan jus. Dengan mengkonsumsi secara rutin akan dapat membersihkan darah, mengobati gatal-gatal akibat darah kotor, dan masalah lainnya. Konsumsilah rutin di pagi hari saat perut kosong.

10. Mengobati disentri

Bagi anda yang mengalami disentri bisa anda sembuhkan dengan menggunakan ramuan tradisional dari pare. Cucilah buah pare yang masih segar dan belahlah menjadi dua dan isinya dibuang. Jadikan pare sebagai jus dan minumlah. Dilanjut dengan meminum air matang. Minumlah satu kali sehari saja.

11. Membantu kondisi diabetes

Penyakit diabetes juga bisa anda sembuhkan dengan pare. Pare adalah salah satu buah yang dapat menjaga penyakit diabetes mellitus. Pare juga dapat membantu mencegah lonjakan penurunan insulin dengan jalan mengatur penggunaan gula dalam metabolisme tubuh yang telah diperoleh dari makanan. Tapi harus ingat, pare jangan dikonsumsi dengan obat lain untuk menurunkan gula darah. Hal ini bisa membuat tubuh kekurangan gula darah yang sangat berbahaya.

12. Pencegahan kanker

Kandungan vitamin C pada pare merupakan antioksidan alami yang dapat menghancurkan radikal bebas penyebab kanker. Para ahli menemukan bahwa pare merupakan agen anti tumor dan anti karsinogenik. Pare dapat mencegah penyakit seperti kanker serviks, kanker prostat, dan kanker lainnya. Namun penelitian ini masih terus berlanjut untuk mengetahui lebih jelas.

Manfaat pare untuk kecantikan

1. Mencegah penuaan

Pare sangat kaya akan kandungan vitamin C yang merupkan antioksidan alami. Kandungan tersebut dapat mencegah keriput, mencegah kusam, dan sehinga menjauhkan dari penuaan dini. Dengan perawatan alami inilah yang dapat membantu melindungi kulit dari berbagai macam kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari.

2. Merawat kecantikan kulit

Jika anda ingin merawat kecantikan kulit anda agar lebih halus, lembut, lembab, dan tidak kering serta tidak berjerawat. Anda bisa melakukan perawatan menggunakan pare. Caranya, haluskan pare hingga lembut, lalu oleskan pada kulit wajah anda. Masalah pada kulit akan teratasi dengan baik dan akan mencegah datangnya jerawat, komedo, dan masalah lainnya.

3. Membuat rambut berkilau

Untuk membuat rambut menjadi berkilau tidak hanya menggunakan lidah buaya saja, tapi anda juga bisa menggunakan pare. Meski rasanya pahit, tapi sangat baik untuk kecantikan rambut. Cukup siapkan jus segar pare yang kemudian dicampur dengan yogurt. Lalu oleskan pada rambut anda merata. Tunggu beberapa saat lalu keramas menggunakan sampo.

4. Mengatasi ketombe dan gatal pada kulit kepala

Ketombe yang terdapat pada rambut dan kulit kepala memang sering membuat gatal. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan pare. Potonglah buah pare dan gosokkan pada kulit kepala anda. Lakukan pijatan secara perlahan dengan gerakan melingkar. Lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa mengurangi rasa gatal dengan campuran pare, alpukat atau pisang. Lalu jadikan sebagai masker rambut. Lakukan sekali seminggu untuk mendapat hasil maksimal.

5. Mengatasi rambut berminyak

Rambut yang berminyak biasanya disebabkan karena  terlalu sering mengkonsumsi makanan yang berminyak. Makanan berminyak akan mengakumulasi minyak berlebih pada rambut. Untuk mengatasinya tentulah anda harus mengurangi makanan berminyak. Perawatan pare yang dicampur dengan cuka apel bisa membantu mengatasi minyak berlebih pada rambut.

Efek samping pare

Jika pare dikonsumi oleh orang tertentu akan memberikan efek samping bagi kesehatan. Tentu akan berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Pare akan berbahaya jika dikonsumsi oleh:

1. Ibu hamil dan menyusui

Selama masa kehamilan, pare tidaklah baik untuk dikonsumsi. Sebab, pare mengandung bahan kimia tertentu yang dapat memulai menstruasi dan menyebabkan aborsi pada hewan. Tidak cukup diketahui keamanan menggunakan pare saat menyusui. Tapi lebih baik menghindari pare saat masa kehamilan atau menyusui agar lebih aman.

2. Penderita diabetes

Memang pare dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Namun ingat, harus hati-hati dalam mengambil pare untuk menurunkan gula darah. Sebab, pare bisa membuat penurunan gula darah yang terlalu rendah. Disamping itu, harus bisa memonitoring penurunan kadar gula dara dengan baik agar tidak terjadi penurunan drastis.

3. Menjalani operasi bedah

Akan sangat dikhawatirkan bagi anda yang menjalani operasi bedah bilsa mengkonsumsi pare. Sebab pare bisa mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi. Berhentilah mengkonsumsi pare 2 minggu sebelum jadwal operasi dimulai. Hal ini dilakukan demi keamanan dan keselamatan anda yang akan menjalani operasi.

Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Efek Samping Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan