Search
Kamis 19 Oktober 2017
  • :
  • :

Bayam, Ini Manfaat & Efek Sampingnya utuk Kesehatan

Starberita – Jakarta, Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan seperti yang digambarkan dalam film kartun Popeye, bayam merupakan makanan yang dapat membuat seseorang menjadi lebih kuat.

Film ini bukan cuma karangan yang mengada-ada saja, namun memang kenyataan bayam dapat memulihkan dan menambah energi seseorang. Sehingga seseorang menjadi lebih kuat.

Berbicara tentang bayam, sebenarnya banyak sekali manfaatnya. Bayam memiliki kandungan vitamin A, C, E, K, kalsium, zat besi, potasium, magnesium, mangan, seng, dan sejumlah mineral lainnya. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Itulah sebabnya mengapa banyak yang menyukai makanan yang berbahan dasar sayuran hijau bayam. Namun tetap ingat, selain memiliki manfaat, bayam juga memiliki efek samping. Tentunya hal ini jika diolah atau dikonsumsi dengan cara yang salah atau dikonsumsi berlebihan.

Agar anda tidak salah dalam mengolah atau mengkonsumsi sayuran bayam, yang perlu anda lakukan adalah mencari tahu terlebih dulu tentang manfaat, efek samping, dan bagaiman cara pengolahan yang benar. Berikut ini beberapa manfaat dan efek samping bayam untuk kesehatan:

  1. Sumber anti inflamasi

Bayam memiliki kandungan neoxanthin dan violaxanthin. Dan keduanya ini merupakan anti inflamasi epoxyxanthophylls yang memiliki peran penting dalam regulasi peradangan. Bayam juga bersifat alkalinitas tinggi sehingga sangat cocok bagi penderita inflamasi seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bayam memiliki kandungan vitamin A yang merupakan kebutuhan gizi harian dalam tubuh. Mengkonsumsi bayam secara rutin setiap harinya dapat membantu memenuhi gizi harian tersebut. Selain itu juga merupakan komponen kunci dari limfosit atau sel darah putih yang memerangi infeksi. Sehingga tubuh pun akan menjadi lebih kuat dan kekebalan tubuh akan menjadi lebih meningkat.

3. Penting untuk menjaga kesehatan mata

Bayam kaya akan kandungan vitamin A juga baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi bayam secara rutin dapat membantu memperbaiki dan memaksimalkan penglihatan mata anda. Konsumsilah secara rutin agar penglihatan anda menjadi lebih baik.

4. Melancarkan pencernaan

Bagi anda yang memiliki masalah dengan pencernaan anda, anda bisa memilih bayam sebagai obat alaminya. Bayam memiliki kandungan yang dapat membantu mengatasi masalah BAB atau pencernaan lainnya. Konsumsilah secara rutin.

5. Baik untuk anemia

Bayam juga sangat baik untuk penderita anemia. Kandungan zat besi didalamnya sangat baik untuk memproduksi sel darah merah yang diperlukan oleh tubuh manusia. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan seseorang terserang anemis, oleh sebab itu konsumsilah bayam agar asupan zat besi dalam tubuh anda bisa terpenuhi dengan baik.

6. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan vitamin K dan kalsium dalam bayam sangat baik untuk kesehatan tulang tubuh anda. Mengkonsumsi setengah cangkir saja sudah memenuhi kebutuhan vitamin K harian. Vitamin K ini akan membantu mencegah pengeroposan tulang. Sehingga jika vitamin K terpenuhi, tulang akan terhindar dari pengeroposan atau osteoporosis.

7. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin A dalam bayam juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Mengkonsumsi bayam secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan menjaga kelembaban pada lapisan epidermis. Bukan hanya itu, mengkonsumsi bayam juga dapat membantu mengatasi jerawat, prosiasis hingga keriput.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bayam sangat kaya akan kandungan kaliumnya namun rendah sodium, sehingga  sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan asam folat dalam bayam juga turut andil dalam elastisitas pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

9. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung adalah suatu keharusan bagi kita. Untuk itu, anda bisa memilih mengkonsumsi bayam secara rutin agar kesehatan jantung tetap terjaga. Kandungan antioksidan didalamnya akan mencegah penumpukan kolesterol dan juga mengontrol tekanan darah yang dapat menjauhkan dari penyakit hipertensi.

10. Menurukan risiko diabetes

Jika anda memiliki risiko terkena diabetes, maka sangat penting bagi anda untuk rutin mengkonsumsi bayam. Bayam memiliki kandungan zat yang dapat membantu menjaga tingkat gula dalam darah agar tetap stabil. Dan kandungan magnesium didalamnya juga dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi pada penderita diabetes.

11. Mencegah kanker

Kandungan flavonoid dalam bayam juga mampu meredam infeksi pada tubuh yang menyebabkan kanker. Diantaranya adalah kanker ovarium, kanker paru-paru, dan kanker kolon. Bahkan beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa bayam diyakini dapat mengurangi risiko kanker kulit. Konsumsilah bayam secara rutin agar terhindar dari penyakit kanker.

Efek samping bayam

Selain memiliki manfaat yang begitu besar, bayam juga memiliki efek samping yang merugikan kesehatan tubuh. Bayam sangat tinggi asam oksalat yang mengikat zat besi dan kalsium yang menyebabkan tubuh kekuarangan kedua zat tersebut. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin C seperti tomat, lombok, jus lemon, atau jus jeruk bersama dengan bayam agar dapat membantu penyerapan kedua zat tersebut. Bayam juga tinggi serat, namun jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti perut kembung, kram, dan sebagainya.

Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Efek Samping Bayam untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan