Search
Senin 24 Juli 2017
  • :
  • :

Telat Datang Bulan, Ini 3 Tiga Ramuan Alaminya

Starberita – Jakarta, Setiap wanita pasti akan merasa khawatir saat tamu bulanannya tak kunjung tiba. Telat datang bulan pun bisa bermacam–macam periodenya, mulai dari beberapa hari, berminggu–minggu dan bahkan berbulan–bulan.

Pada kebanyakan kasus, sebenarnya telat datang bulan selama 2 sampai 3 hari masih bisa dikatakan normal. Tapi bila sudah lebih dari 1 minggu bahkan bulanan, Ada baiknya untuk diwaspadai.

Telat datang bulan bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti adanya ketidakseimbangan hormon, pola makan yang tidak berimbang, berat badan menurun, masalah tiroid atau adanya gangguan ovarium. Jadi, tidak melulu telat datang bulan berarti seorang wanita tersebut sedang hamil.

Trik Simple Mengatasi Telat Datang Bulan dengan 3 Bahan Alami

Telat datang bulan bisa menyebabkan munculnya banyak jerawat dan perasaan berat dibagian perut bawah. Bila ini terjadi, jangan terburu-buru untuk meminta obat pada dokter. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba berbagai Cara Mengatasi Telat Datang Bulan yang telah kami rangkum dibawah ini:

√ Konsumsi Jahe

Selain banyak digunakan sebagai bumbu masakan, rimpang jahe ternyata cukup efektif untuk mengatasi telat datang bulan. Zat zingerone yang terkandung di dalam jahe mampu mengurangi rasa nyeri atau kram pada perut ketika seorang wanita mengalami haid.

Minum jahe juga bisa membuat uterus berkontraksi, sehingga merangsang darah haid keluar dari dalam rahim. Selain melancarkan serta mencegah rasa nyeri, jahe juga diperkaya oleh antioksidan yang sangat baik untuk meredakan rasa nyeri saat haid.

Karena ada zat zingerone dalam jahe, maka saat mengonsumsi parutan jahe secara mentah Anda akan kepedasan. Untuk itu, cara terbaik konsumsi jahe ialah dengan cara menyeduhnya bersama teh. Bagi Anda yang ingin menormalkan siklus haid kembali, cobalah untuk mengonsumsi 2–3 gelas teh jahe setiap hari.

√ Konsumsi Peterseli

Daun parsley (peterseli) menjadi salah satu cara mengatasi telat datang bulan. Hal ini disebabkan daun peterseli bisa membuat uterus atau rahim berkontraksi sehingga mempercepat pengeluaran darah haid yang terhambat. Untuk cara konsumsi peterseli, anda bisa mengkombinasikannya dengan teh.

Caranya:

  • Rebus peterseli beberapa saat, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk menyeduh teh, sehingga rasanya tak terlalu pahit.
  • Kemampuannya yang bisa membuat rahim berkontraksi ini, ada baiknya daun peterseli dihindari oleh ibu hamil dan oleh wanita yang mempunyai masalah dengan ginjal.

√ Pepaya Muda

Pepaya muda yang kerap dijadikan sayuran ini ternyata mempunyai manfaat untuk mencegah siklus haid yang tak teratur. Hal ini disebabkan pepaya mentah mengandung zat yang bisa menyeimbangkan kontraksi pada rahim dan mengatur kadar hormon yang seimbang untuk melancarkan pengeluaran darah haid.

Selain biasa dijadikan tumisan, ada juga orang-orang yang menyukai pepaya mentah dijadikan sebagai salad. Selain melancarkan haid, rasa nyeri pun berkurang dan selanjutnya haid akan datang secara berkala dan juga teratur.

Demikian 3 Bahan Alami yang dapat Anda coba sebagai Cara Mengatasi Telat Datang Bulan. Jadi, jangan cemas terlebih dahulu bila tamu bulanan tak kunjung tiba, sebelum pergi ke dokter dengan konsumsi berbagai obat–obatan, tak ada salahnya Anda mencoba bahan alami yang lebih berkhasiat. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan