Search
Sabtu 21 Oktober 2017
  • :
  • :

PT Pelindo I Modernisasi Layanan di Pelabuhan Belawan

Starberita – Medan, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I tengah melakukan penataan dan pengembangan menyeluruh di Pelabuhan Belawan. Penataan dan pembenahan ini sebagai bagian dari program memodernisasi dan mengefektivitaskan pelayanan kepelabuhanan di pelabuhan tersebut.

Sekretaris Perusahaan Pelindo I Eriansyah mengatakan, salah satu pengembangan yang tengah mereka lakukan adalah terhadap dedicated terminal berupa terminal minyak sawit mentah (CPO) antarpulau dan car terminal.

“Dengan pengembangan itu, kapasitas bongkar muat CPO di Pelabuhan Belawan dapat ditingkatkan menjadi 1,8 juta ton,” ujar Eriansyah di Belawan, kemarin.

“Pengembangan ini kita lakukan seiring dengan terus meningkatnya kebutuhan akan areal bongkar muat setiap tahunnya.”

Selain di dedicated terminal, PT Pelindo juga sedang melakukan penataan untuk terminal hortikultura. Penataan untuk terminal ini dilakukan dengan menambahkan fasilitas ruang pendinginan (cold storage) di terminal tersebut. Penambahan fasilitas ini untuk mendukung ekspor produk-produk hortikultura dari hasil pertanian para petani di Sumatera Utara (Sumut).

“Terminal holtikultura itu untuk menyimpan hasil produk pertanian di Pelabuhan Belawan untuk dikirim atau diekspor. Sehingga bisa menekan biaya logistik produk holtikultura karena produk tersebut dapat langsung disimpan di Pelabuhan Belawan,” jelasnya.

Pelindo I, sambung Eriansyah, tengah membangun terminal serbaguna (multipurpose) di Pelabuhan Belawan. Terminal itu terdiri dari terminal curah kering, terminal general cargo, dan dermaga IKD (Industri Kimia Dasar).

“Pembangunan shorebase terminal juga dilakukan untuk terciptanya konsolidasi kegiatan shore base menjadi lebih tertata dan terpusat pada satu terminal shorebase,” tutupnya. (sbc-03/okz)




Tinggalkan Balasan