Search
Minggu 24 September 2017
  • :
  • :

Minyak Kemiri, Ini Manfaatnya Buat Kesehatan Tubuh

Starberita – Jakarta, Minyak kemiri adalah minyak yang dihasilkan dari biji kemiri. Minyak ini cukup banyak dihasilkan di Indonesia, dan hasilnya pun sangatlah baik. Jadi, anda tidak perlu susah payah mencari minyak kemiri, karena di Indonesia banyak yang menjualnya. Namun untuk asal mula tanaman kemiri diperkirakan berasal dari Hawai.

Berbicara tentang kemiri. Sebenarnya semua bagian dari tanaman kemiri bisa dimanfaatkan. Mulai dari daun, batang, hingga akarnya pun biasanya digunakan sebagai obat herbal dalam dunia kesehatan. Kalau minyak kemiri, biasanya yang paling umum digunakan untuk perawatan rambut secara alami. Hal ini karena kandungan alami yang terdapat dalam biji buah kemiri yang diekstrak menjadi minyak.

Banyak sekali kandungan zat gizi yang terdapat dalam minyak kemiri, seperti lemak, karbohidrat, vitamin, dan protein. Dan senyawa baik yang terdapat di dalamnya antara lain seperti polifenol, flavonoid, dan saponin, yang merupakan senyawa baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat dari minyak kemiri? Berikut ini beberapa manfaat minyak kemiri untuk kesehatan tubuh:

1. Sebagai bumbu dapur

Minyak kemiri biasa digunakan sebagai bumbu dapur, yaitu sebagai penambah aroma untuk mempersedap makanan. Minyak kemiri memiliki rasa yang nikmat karena adanya kandungan asam glutamate. Sehingga banyak yang memilih minyak kemiri untuk dijadikan bahan penyedap alami.

2. Sebagai obat tradisional

Masyarakat Indonesia juga banyak yang memanfaatkan minyak kemiri sebagai obat tradisional berbagai macam penyakit. Kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam minyak kemiri dapat membantu mengobati berbagai macam penyakit seperti diare, sariawan, demam, disentri, dan sakit gigi.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Jika anda memiliki masalah pada sistem pencernaan anda, anda bisa memanfaatkan minyak kemiri untuk mengatasinya. Kini telah banyak obat tradisional yang berbahan dasar minyak kemiri. Anda bisa mendapatkannya di apotek atau perusahaan herbal atau toko herbal.

4. Mengatasi sariawan dan disentri

Minyak kemiri memiliki kandungan senyawa alami yang dapat membantu mengatasi masalah sariawan dan disentri. Ekstaksi dari kemiri ini bisa anda gunakan untuk obat-obatan tradisional berbagai macam gangguan kesehatan, seperti sariawan dan disentri. Kandungan senyawa thanin sangat baik untuk mengobati sariawan dan disentri.

5. Mencegah pembentukan kolesterol jahat dalam tubuh

Kandugan zat fitosterol yang terdapat dalam minyak kemiri sangat baik dalam mengontrol kadar kolesterol tubuh. Ya, kandungan tersebut dapat membantu mencegah pembentukan kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga kesehatan organ dalam akan tetap terjaga dengan baik, terutama pada organ hati.

6. Mencerahkan kulit

Untuk menjaga kesehatan kulit, anda ternyata juga bisa memanfaatkan minyak kemiri. Minyak kemiri dapat membantu memutihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Sehingga kulit anda akan terlihat lebih cerah dan putih alami.

7. Membuat awet muda

Anda juga bisa membuat kulit wajah anda tetap awet mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit disertai pemijatan ringan. Tentunya hal ini dilakukan secara rutin. Dengan mengoleskan minyak kemiri akan membuat kulit anda tampak rileks, awet muda, dan terhindar dari keriput.

8. Menghitamkan rambut alami

Rambut yang hitam dan sehat merupakan idaman bagi semua wanita. Untuk mendapatkannya, anda bisa memanfaatkan minyak kemiri. Dengan menggunakan minyak kemiri akan memberikan hasil yang alami dan tidak ada efek sampingnya. Jadi, selain aman juga dapat memberikan hasil yang alami.

9. Menyuburkan rambut

Memakai minyak kemiri sebagai bahan perawatan rambut akan membantu menjaga kesehatan rambut anda. Ya, pemakaian secara teratur akan menyuburkan rambut anda. Rambut yang subur akan membuat volumenya menjadi lebih tebal dan lebat. Sehingga akan terhindar dari permasalahan rambut tipis.

10. Mengatasi rambut beruban

Pada umumnya orang mengalami rambut uban ketika telah mencapai usia lebih dari 50 tahun. Namun karena berbagai faktor, bisa saja uban rambut muncul di usia muda. Anda bisa memakai minyak kemiri untuk mengatasi masalah uban. Anda cukup mengoleskannya pada rambut anda secara teratur di pagi hari sehabis bangun dan malam hari sebelum tidur.

11. Mengatasi kerontokan rambut

Minyak kemiri memang sangat baik untuk kesehatan rambut. Perawatan rutin menggunakan minyak kemiri dapat membantu mengatasi masalah kerontokan rambut. Sehingga rambut akan menjadi lebih kuat dan terhindar dari kerontokan atau kerusakan seperti rambut bercabang.

Demikiankah informasi tentang Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Tubuh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan