Search
Selasa 24 Oktober 2017
  • :
  • :

Tetap Sehat Jalani Puasa, Hindari Makanan Ini

Starberita – Jakarta, Menahan lapar seharian saat berpuasa, tak jarang membuat sebagian orang menjadi tak terkendali menyantap makanan saat berbuka. Atau, makan sebanyak-banyaknya ketika sahur.

Padahal, tidak mengontrol apa yang kita konsumsi saat berpuasa justru akan membuat ibadah puasa menjadi tidak lancar. Masalah kesehatan pun muncul karena makanan yang dikonsumsi tidak menyehatkan.

Ahli gizi dan nutrisi, Desy Nur Arista, memberikan tips menjaga kesehatan selama puasa dengan menghindari makanan-makanan seperti berikut.

1.Makanan yang harus dihindari saat sahu:

Minuman berkarbonasi

Desy mengatakan, kadar gula dan asam yang tinggi dalam minuman berkarbonasi atau bersoda akan meningkatkan risiko kerusakan pada gigi dan maag. Selain itu, minuman ini juga bersifat diuretik atau membuat sering buang air kecil.

Makanan cepat saji dan camilan tidak bergizi

Contohnya makanan yang tinggi gula, natrium, atau rendah serat. “Sebaiknya pilih makanan dengan gizi seimbang daripada camilan yang dapat meningkatkan rasa haus dan tidak mengenyangkan,” ujar Desy.

2.Makanan yang harus dihindari saat berbuka:

Makanan olahan atau gorengan

Makanan olahan dan siap saji yang tidak sehat mengandung kalori, gula dan lemak yang tinggi tapi rendah serat. Desy menjelaskan, makanan berlemak tinggii berisiko menyebabkan gangguan pencernaan dan heartburn.

Makan berlebihan

Perut tidak bisa mencerna makanan banyak dalam satu waktu setelah ‘beristirahat’ cukup lama. Sebaiknya, makan perlahan dan mulai dengan porsi kecil terlebih dahulu. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan