Search
Selasa 27 Juni 2017
  • :
  • :

Studi: Konsumsi Kopi Bisa Cegah Sirosis Hati

Starberita – Jakarta, Ternyata kafein tidak selalu berdampak buruk bagi kesehatan. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa konsumsi kopi dan teh, ternyata mampu meningkatkan kesehatan liver.

Studi yang bertempat di Kota Amsterdam ini melibatkan lebih dari 2.400 responden berusia minimal 45 tahun. Para partisipan tersebut diminta melakukan skrining kesehatan dan menjawab kuesioner terkait dengan diet dan konsumsi kopi atau teh per hari. Hasilnya, mereka yang rutin konsumsi kopi dan teh, memiliki kondisi organ hati yang lebih baik.

“Menurut data, kopi sangat baik untuk mengatasi enzim elevasi hati, virus hepatitis, sirosis hati, serta kanker hati,” ujar peneliti, dr Sarwa Murad.

Kopi terbukti mengandung antioksidan. Hal ini yang diyakini oleh para peneliti bahwa kandungannya mampu menjaga kesehatan hati. Namun, peneliti belum memahami secara pasti, mekanisme terbentuknya proses penjagaan organ hati oleh kafein.

Perlu dipahami, dari data Johns Hopkins Hospital, penyakit hati kronis dan sirosis hati, memicu kematian pada banyak orang. Biasanya, kedua kondisi itu disebabkan oleh konsumsi alkohol secara berlebihan.

Selain itu, makanan olahan serta gula tambahan memicu adanya lemak berlebih pada organ hati. Jika kondisi ini tidak diperbaiki, 20 persen penyakit hati kronis bisa berubah menjadi sirosis hati. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan