Search
Kamis 29 Juni 2017
  • :
  • :

LSM Kritik Transparansi Proyek Irigasi Aek Sibondong

Starberita – Humbahas, Lembaga Swadaya Masyarakat mengkritisi proyek rehabilitasi jaringan irigasi Aek Sibondong di Desa Aek Nauli, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Menurut Ketua Lembaga Masyarakat Pemerhati Pembangunan Tapanuli Raya, Fridjen Antoni, proyek milik Kementeriuan PUPR yang dikelola Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera Utara II (BBWS-BS) tersebut terkesan tidak transparan kepada publik.

“Disinyalir banyak penyimpangan serta diduga ada rekayasa anggaran seperti dimark-up. Dimana master plan tidak terpampang, sehingga perlu diawasi ketat pihak terkait,” kata Fridjen, kemarin.

Dia menegaskan, pengawasan perlu untuk meminimalisir tetrajdinya penyimpangan pekerjaan maupun penggunaan anggaran.

“Kita tidak boleh tutup mata, ini proyek dari kementrian untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, sehingga harus diawasi agar pengerjaan proyek itu benar-benar dilaksanakan sesuai RAB,” katanya.

Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera II (BBWS BS) mulai melaksanakan pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi yang mencakup 1200 hektar lahan di Daerah Irigasi Aek Sibondong di Desa Aek Nauli, Kecamatan Pollung.

Kegiatan rehabilitasi yang bertujuan untuk mencukupi kapasitas yang akan digunakan untuk melayani kebutuhan mesyarakat ini dikerjakan kontraktor dari PT Roberto Saut Jaya.

Kepala Dinas PUPR Humbang Hasundutan, Jhonson Pasaribu mengungkapkan bahwa rehabilitasi jaringan Aek Sibundong itu sekaligus merupakan penataan Daerah Aliran Sungai (DAS) didaerah itu untuk menghindari meluapnya sungai yang sewaktu waktu merusak lahan pertanian dan fasilitas disekitar sungai.

“Pekerjaan itu dananya berasal dari APBN 2017 kurang lebih Rp 9 Miliar pos anggaran kementrian PUPR,” kata Jhonson. “Rehabilitasi jarinagn irigasi itu merupakan kepedulian pusat atas usulan dan permohonan dari kita. Dan melalui kegiatan tersebut diharapkan mampu memperbaiki lahan pertanian sekitar 1200 hektar didaerah itu.” (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan