Search
Selasa 24 Oktober 2017
  • :
  • :

Krisis Arab-Qatar Tak Pengaruhi Perekonomian Indonesia

Starberita – Jakarta, Deputi Bidang Statistik Sosial Badan Pusat Statistik M Sairi Hasbullah menyatakan konflik antara Qatar dengan sejumlah negara Arab tidak begitu mempengaruhi perekonomian Indonesia.

“Volume perdagangan Indonesia dengan Qatar relatif kecil bila dibandingkan dengan total perdagangan Indonesia dan nilai perdagangan dengan negara lain,” ujar Sairi di Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Sairi  berujar secara perekonomian, Qatar masih tangguh dan dapat mengatasi permasalahan boikot dari tetangganya itu dengan cara mensubstitusi perdagangannya dengan negara lain. “Paling hanya shock sesaat saja,” kata dia.

Apalagi, Saiiri melanjutkan, jumlah penduduk Qatar tidak begitu banyak yakni sekitar 2,5 juta jiwa, sehingga dalam memenuhi kebutuhan rakyatnya pun alternatif selain negara Arab masih terbuka.

Menurut Saiir, Qatar yang  penghasilan dominannya berasal dari sektor pariwisata itu kemungkinan tidak bakal begitu tergoncang dengan adanya boikot karena nilai investasi dari negara tetangganya itu tidak begitu dominan.  “Kecuali terjadi perang di blok sana, kalo sebatas sekarang, belum berarti pengaruhnya.” (sbc-03/tem)




Tinggalkan Balasan