Search
Selasa 24 Oktober 2017
  • :
  • :

Batuk Saat Berpuasa, Ini Solusi Mengatasinya

Starberita – Jakarta, Batuk adalah salah satu masalah yang sangat menggangu dan bisa datang kapan saja. Saat batuk datang ketika sedang berpuasa, tentu saja kondisi ini akan sangat mengganggu kenyamanan. Sehingga sangat penting melakukan pengobatan batuk pada saat menjalankan puasa.

Mengalami pada saat berpuasa kemungkinan bisa saja terjadi. Apalagi, adanya peralihan musim dari. Seseorang yang menderita batuk saat berpuasa tentu akan mengalami gatal dan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Tentu saja kondisi ini akan mengganggu kenyamanan anda saat berpuaa.

Bahkan dikatakan, resiko batuk yang terjadisaat berpuasa lebih besar dibandngkan dengan kondisi tidak berpuasa. Selain faktor cuaca yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun dan memudahkan berbagai jenis bakteri masuk ke dalam tubuh. Kurangnya masukan air saat berpuasa akan menyebabkan seseorang mudah dehidrasi dan memicu terjadinya batuk.

Tetapi, anda tidak perlu khawatir karena kali ini kami akan memberikan solusi, untuk mengatasi batuk saat berpuasa. Dengan tips di bawah ini, anda bisa menjalankan puasa dengan tenang dan nyaman tanpa mengalami batuk.

Berikut ini adalah Beberapa Tips untuk Mengatasi Batuk Saat Puasa:

  1. Perhatikan menu makanan saat berbuka dan sahur

Memilih menu makan yang tepat pada saat berbuka dan sahur bisa mempercepat proses penyembuhan batuk yang anda alami. Pilih makanan sehat, seperti buah-buahan dan sayuran yang memiliki banyak vitamin dan mineral.Saat seseorang mengalami batu, tubuh akan sangat membutuhkan asupan vitamin C. Sehingga anda bisa memperbanyak konsumsi jeruk, mangga, pepaya asupan tinggi protein dan kalori. Untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada saat puasa.

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Pada saat berpuasa memang rentan terjadinya dehidrasi. Dimana dehidrasi ini menjadi salah satu pemicu timbulnya batuk. Tetapi kondisi ini masih bisa di atasi. Yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih pada saat berbuka dan sahur. Selain itu, anda juga harus menghindari konsumsi makanan panas dan pedas.

  1. Istirahat yang cukup

Jika semua hal di atas sudah anda lakukan, satu lagi yang tak kalah penting untuk mengatasi batuk saat berpuasa adalah tidur. Dengan istirahat yang cukup tentu dapat membantu tubuh mengumpulkan lebih banyak energi untuk melawan infeksi penyabab batuk. Sehingga, usahakan menyempatkan waktu untuk beristirhat. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan