Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Anggaran Hukuman Cambuk Tak Cukup, Dinas Hutang Rp800 Jt

Starberita – Gayo Lues, Anggaran tak berimbang membuat Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Gayo Lues Drs Rasidin kewalahan menghadapi hukuman cambuk di kota Negeri Seribu Bukit.

Rasidin mengatakan, anggaran yang tersedia dengan yang dibutuhkan sangat tidak sesuai hingga kantor Dinas Syariat Islam terpaksa berhutang Rp800 Juta.

“Untuk tahun ini sudah ada 50 orang yang dicambuk, sedangkan anggaran yang ada hanya untuk 10 orang, jadi sisanya kami harus meminjam,” katanya di Blangkejeren, kemarin.

Rasidin melanjutkan, anggaran hukuman cambuk yang tersedia tahun 2017 hanya Rp 200 juta, jumlah itu sangat jauh dari perkiraan sebelumnya semasa proses pengusulan anggaran kegiatan.

“Satu orang yang pelanggar yang dicambuk diperkirakan menghabiskan dana Rp 20 Juta, itu mulai dari awal proses hingga eksekusi dan penyediaan tempat eksekusinya,” katanya.

Dinas Syariat Islam terpaksa mengusulkan dana kedalam perubahan anggaran untuk mencukupi kebutuhan hukuman cambuk, apa lagi saat ini ada Enam orang pelanggar lagi yang menunggu hukuman cambuk di Kepolisian.

“Saya perkirakan Rp1 Milyar lagi anggaran hukuman cambuk ini baru terpenuhi, sebab masih pertengahan tahun saja sudah habis Rp1 Milyar,” katanya seraya meminta kepada DPRK nantinya agar menyetujui penambahan anggaran hukuman cambuk yang telah terealisasi. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan