Search
Kamis 27 Juli 2017
  • :
  • :

Wagubsu: Sinergitas Pemerintah Dapat Kembangkan IKM Sumut

Starberita – Medan, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Nurhajizah Marpaung meyakini sinerji pemerintah pusat, provinsi dan daerah dapat mengembangkan Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Menurutnya, pengembangan IKM berkaitan dengan  penyusunan kebijakan harus disesuaikan oleh kondisi daerah dan kebijakan pemerintah pusat, provinsi dan daerah Kabupaten/Kota secara sinerji sebagaimana diamanatkan PP Nomor 14 Tahun 2015 tentang rencana induk industri nasional.

“Dengan sinerjitas ini diharapkan UKM di provinsi Sumater Utara dapat berkembang,” ujar Nurhajizah dalam Dialog Publik Produk IKM Menembus Pasar Ekspor di Era Digital Dengan Halal Logistik di Medan, kemarin.

Pemprovsu lanjut Wagubsu melalui SKPD Dinas Perindustrian dan perdagangan provinsi Sumatera Utara pada tahun 2017 akan meluncurkan sebuah program pembangunan infrastruktur platform digital IKM (e-Smart IKM).

e-SMART IKM ini adalah sistem database IKM yang tersaji dalam profil industri, sentra dan produk yang diintegrasikan dengan marketplace yang telah ada. Dengan demikian dihasilkan data base IKM unggulan berdasarkan komoditi untuk selanjutnya dapat dipergunakan dalam penyusunan kebijakan pengembangan IKM melalui sistem pemasaran terpadu.

“Dengan demikian pelaku usaha IKM dapat memperluas akses pasar, mendapatkan promosi online (market place), mengurangi biaya promosi dan pemasaran serta mendapatkan pembinaan pemerintah,” ujar Nurhajizah. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan