Search
Sabtu 23 September 2017
  • :
  • :

Pemkab Didorong Proaktif Promosikan Kopi Arabica Gayo

Starberita – Bireuen, Ketua Koperasi Baburrayan, Rizwan Husen meminta agar Permerintah Daerah proaktif dalam mempromosikan Kopi Arabica Gayo di Benua Eropa.

Rizwan melontarkan pernyataan tersebut dalam acara ekspo kopi dunia , Selasa (13/6/2017) di Budapest-Hungaria.

“Sebelum 2015 lalu, penjualan Kopi Gayo ke Eropa sangat minim, namun dengan kehadiran Pemda ekspo Kopi Dunia di Gothenburg-Swedia pada  2015, sangat berpengaruh terhadap penjualan kopi ke benua Eropa bahkan saat ini mencapai 25 persen dari seluruh ekspor kopi Baburrayan Gayo ke Eropa,” ujarnya.

Menurut Rizwan kehadiran Pemda dalam setiap ekspo kopi dunia  sangat diperlukan untuk mengetahui apa dan bagaimana permintaan pasar Internasional terhadap Kopi Gayo sehingga bisa merumuskan kebijakan daerah yang tepat dengan tetap mengakomodir kepentingan petani dan pedagang di daerah.

Rizwan menyebutkan pengalaman dirinya, dengan adanya dukungan Pemda, ternyata puluhan pelaku bisnis kopi dunia sangat antusias berkunjung ke Aceh Tengah dan Bener Meriah pada 2015 lalu,konon lagi saat ini Kopi Gayo sudah mendapat pengakuan dari Uni Eropa dengan keluarnya Perlindungan Indikasi Geografis.

Direktur PT.  Meukat Komuditi Gayo, Iwannitosa Putra, kata Rizwan pihaknya mengalami kendala ekspor karena harus mendatangkan petugas karantina dari Lhokseumawe untuk melegalisasi salah satu dokumen ekspor.

” Kadang kita sudah sepakati dengan importir dan kapal angkut sudah standbay di pelabuhan, namun produk belum bisa dikirim karena masih menunggu proses legalisasi dari petugas karantina pertanian,” ungkapnya.

Menanggapi keluhan Eksportir  Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengatakan segera membicarakan masalah ini dengan Kementerian Pertanian terkait perlu lembaga atau minimal penempatan petugas karantina pertanian yang standbay di Kabupaten Aceh Tengah. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan