Search
Rabu 20 September 2017
  • :
  • :

Usir Sariawan dengan 5 Obat Tradisional Ini

Starberita – Jakarta, Sariawan terasa sangat menyakitkan dan terasa ‘menyiksa’. Terutama saat makan atau menyikat gigi. Sariawan bisa muncul sebagai luka tunggal atau kelompok, berupa titik-titik merah yang ditemukan di bagian dalam mulut yang memiliki kepala putih kekuning-kuningan.

Tahukah Anda,  luka mulut adalah indikasi bahwa tubuh mengalami ketidakseimbangan seperti konstipasi, keasaman, kekurangan nutrisi atau ketidakseimbangan hormon? Sariawan juga bisa muncul karena tubuh panas, perokok berat, stres atau kebersihan gigi yang buruk.

Berikut cara mudah mengatasi sariawan di mulut:

1. Baking Soda
Sifat alkali baking soda bisa meredakan asam yang cenderung memicu sakit kanker. Baking soda bekerja dengan baik karena menyeimbangkan kadar asam dalam tubuh. Ini membantu membunuh bakteri, mengobati sakit dan memungkinkan penyembuhan.

Baking soda juga mengurangi peradangan, bahkan menyehatkan mulut dengan cara membuang kuman dan bakteri. Anda bisa mencoba hal ini di rumah dengan membilas mulut menggunakan 1 sendok teh baking soda yang dicampur dalam 1/2 cangkir air. Pastikan untuk mencampurnya dengan baik. Cobalah untuk memasukkannya ke dalam mulut dan kemudian meludahkannya. Ulangi dua kali dalam sehari.

2. Daun Tulsi
Mengunyah daun tulsi bisa bermanfaat karena mengobati sariawan. Cobalah mengunyah daun tulsi, lalu segelas air. Ramuan obat ini dianggap kuratif untuk penyakit kesehatan. Mengunyah beberapa daun tulsi bersama air sekitar 3 sampai 4 kali dalam sehari bisa mencegah kambuhnya sariawan.

3.Madu
Madu memiliki sifat antibakteri karena mampu menenangkan sariawan dan mempercepat proses penyembuhan. Madu memiliki kekuatan untuk mengurangi bekas luka serta mempercepat proses pertumbuhan jaringan baru.

4.Buttermilk

Buttermilk memiliki bahan magis yang bisa menyembuhkan luka. Buttermilk mengandung asam laktat, dan sedikit bersifat asam, yang bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena luka.

5.Chamomile

Chamomile memiliki khasiat antiseptik yang bisa digunakan untuk mencuci mulut karena mencegah penyebab sakit. Ambil segenggam bunga chamomile dan cobalah letakkan di air. Pastikan untuk menggunakan ini sebagai obat kumur dua kali sehari. Sungguh menakjubkan dalam menyembuhkan luka di mulut. (sbc-02/tem)

 




Tinggalkan Balasan