Search
Kamis 14 Desember 2017
  • :
  • :

Rekomendasi Dokter, Bahan Alami Ampuh Basmi Jerawat

Starberita – Jakarta, Jerawat menjadi salah satu masalah kulit paling sering dialami wanita dan pria. Untuk mengobatinya, banyak yang rela mengeluarkan banyak biaya, baik melakukan perawatan rutin ke ahli kulit atau menggunakan produk mahal.

Namun, sebenarnya ada bahan alami yang bisa digunakan sebagai alternatif murah dan aman dalam mengobati jerawat. Anda tidak perlu takut untuk mencobanya, lantaran bahan alami ini direkomendasikan oleh dokter kulit. Berikut ini bahan alami tersebut, seperti dilansir dari Real Simple.

Teh hijau dan madu

Anda bisa menyeduh teh hijau dalam cangkir dan tambahkan satu sendok teh madu. Kemudian biarkan dingin sebelum mencelupkan kapas dalam teh dan aplikasikan pada jerawat selama sekitar satu menit.

Teh hijau berfungsi sebagai agen antiinflamasi alami yang dapat mengurangi kemerahan dan bengkak. Sedangkan madu merupakan agen atibakteri yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat.

“Obat ini sangat lembut, sehingga aman untuk kulit, bahkan untuk kulit sensitif,” kata dr. Rachel Nazarian, asisten profesor klinis Departemen Dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City.

Es

Dr Jeanine Downie, ahli kulit di New Jersey dokter mengatakan, es dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit. Jika Anda tidak memiliki obat jerawat, es dapat mengurangi bengkak pada jerawat tanpa menyebabkan iritasi atau kerusakan pada lapisan atas kulit Anda.

Kulit pisang

Dr Sejal Shah, dokter kulit di New York City menuturkan, bagian dalam dari kulit pisang mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang mengandung antioksidan, antiinflamasi dan sifat penyembuhan. Gosok bagian dalam kulit di area jerawat hingga kulit pisang berubah warna menjadi cokelat, kemudia biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas.

Lidah buaya

Dr Craig Austin, asisten profesor klinis dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City mengatakan, lidah ini merupakan salah satu obat jerawat alami, terutama untuk noda merah dan jerawat berisi cairan. Lidah buaya sebagai antiinflamasi, menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan dengan cepat. Ambil gel dalam daun lidah buaya, lalu terapkan di bagian bernoda atau berjerawat dan biarkan semalam.

Stroberi

Buah asam ini bisa menghilangkan noda dan jerawat karena mengandung asam salisilat, antioksidan, sejumlah vitamin dan nutrisi. Cukup tumbuk dua sampai tiga stroberi dan terapkan di area noda dan berjerawat, dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas.

Lemon

Dr Sonia Badreshia, instruktur klinis di University of California di San Francisco, mengatakan bahwa lemon mengandung vitamin C yang dapat mencegah dan mengurangi jerawat serta mempercepat penyembuhan jerawat. Lemon juga bertindak sebagai antioksidan dan pencerah alami kulit, mengurangi jaringan parut dan kemerahan. Cukup saring jus lemon dan terapkan langsung ke noda dan jerawat menggunakan kapas.

Kunyit

Kunyit memiliki antiinflamasi dan antioksidan. Selain itu, mengandung asam salisilat yang dapat memerangi jerawat.

Anda bisa menambahkan setengah sampai satu sendok teh kunyit ke dalam yogurt, lalu terapkan masker ini secara tipis ke wajah Anda. Biarkan sampai mengering, maksimal 20 menit. Lakukan ini dua kali dalam sepekan untuk mendapatkan kulit cantik.

Aspirin

Dr Ranella Hirsch, dokter kulit di Boston menuturkan, aspirin mengandung asam salisilat, bahan yang biasa dipakai dalam obat jerawat untuk mengurangi minyak dan mengeringkan jerawat. Anda bisa menggunakan aspirin bayi dan tambahkan dengan pelembap, lalu terapkan ke jerawat.

Yogurt

Yogurt mengandung bakteri probiotik yang sehat yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, mengandung asam laktat, asam hidroksi yang dapat mengelupas kulit untuk mengurangi dan mencegah pori-pori tersumbat. Terapkan yogurt murni ke area jerawat selama 10 menit sebelum dibilas.

Pasta gigi

Dr Erin Gilbert, Direktur Gilbert Dermatology di Brooklyn, New York mengatakan, pilih pasta gigi berwarna putih dan berbasis natural (hindari bentuk gel karena bisa mengiritasi kulit), mengandung baking soda, tea tree oil, atau hidrogen peroksida.

Kandungan antibakteri dan bahan-bahan yang dapat mengeringkan tersebut akan membantu menyembuhkan jerawat Anda. Oleskan sedikit pasta gigi tepat di jerawat dan biarkan selama beberapa jam atau bahkan semalam. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan