Search
Rabu 20 September 2017
  • :
  • :

Kenali 6 Penyebab Badan Lemas Usai Buka Puasa

Starberita – Jakarta, Apa yang Anda rasakan setelah menikmati buka puasa? Harusnya segar dan bersemangat, karena energy yang hilang akibat seharian berpuasa telah kembali setelah menikmati menu buka puasa yang pastinya lengkap.

Namun sayangnya, sebagian orang justru mengeluh lemas dan tidak bertenaga setelah berbuka puasa. Bahkan akibat rasa lemas tersebut, sebagian orang jadi tidak kuat menjalankan ibadah shalat taraweh.

Hem, sayang sekali jika kita harus kehilangan kesempatan mendapatkan pahala yang berlimpah hanya karena tubuh lemas setelah buka puasa. Kira-kira apa penyebab tubuh lemas setelah berbuka puasa dan bagaimana cara mengatasinya? Agar lebih jelasnya, simak informasi lengkapnya berikut ini :

Penyebab tubuh lemas dan tak bertenaga setelah berbuka puasa

Tahukah Anda jika ada banyak sebali penyebab tubuh lemas setelah berbuka puasa, diantaranya adalah :

1.    Kalap dan makan apa saja yang ada di meja makan

Salah satu penyebab tubuh lemas setelah berbuka pausa adalah kebiasaan kalap dan makan apa saja tanpa control. Padahal islam memiliki cara tersendiri yang sehat saat berbuka puasa, misalnya : mengonsumsi kurma dan air putih yang bisa dicerna tubuh dengan cepat, makan jangan tergesa-gesa, mengunyah makanan dengan sempurna, dan lainnya.

2.    Langsung makan berat saat berbuka

Setelah tubuh berpuasa seharian, pencernaan kita pasti butuh penyesuaian dalam mencerna makanan. Maka akan bermasalah jika kita langsung mengisi dengan makanan yang berat saat berbuka puasa. Inilah yang menyebabkan tubuh Anda terasa lemas dan tak bertenaga. Usahakan untuk lakukan shalat maghrib dulu setelah setelah minum air dan kurma, baru setelah itu Anda bisa mengonsumsi makanan yang agak berat.

3.    Terlalu banyak minum

Terlalu banyak minum juga bisa bikin perut kembung dan lemas setelah buka puasa, maka itu pastikan minum secukupnya dulu dan jangan minum banyak dalam waktu bersamaan.

4.    Makan buah berkadar gula/lemak tinggi

Buah memang baik, namun tidak semua buah aman untuk dikonsumsi saat buka puasa. Hindari buah yang asam dan mengandung kadar gula/lemak tinggi karena dapat sebabkan asam lambung naik dan tubuh jadi lemas.

5.    Minum Es yang manis

Minum es memang menyegarkan, tapi hanya untuk sementara waktu karena berikutnya justru membuat tubuh terasa lemas dan mudah lelah setelah berbuka puasa. Maka itu disarankan minum air hangat saja agar tubuh lebih segar.

6.    Makan gorengan

Setelah menahan lapar seharian, rasanya enak jika ngemil gorengan. Tapi tahukah Anda jika gorengan banyak mengandung minyak yang membuat Anda jadi banyak minum sehinga mengakibatkan tubuh jadi lemas setelah berbuka puasa. Disarankan ngemil yang lebih sehat dan bermanfaat untuk tubuh.
Setelah mengetahui beberapa penyebabnya diatas, tentunya Anda akan berusaha menghindari beberapa penyebab tubuh lemas setelah berbuka puasa. Semoga bermanfaat yaa! (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan