Search
Selasa 27 Juni 2017
  • :
  • :

Karang Berombak Masuk Nominasi Kelurahan Terbaik Tingkat 2017 Sumut

Starberita – Medan, Usai menjadi yang terbaik dalam penilaian terbaik kelurahan tingkat Kota Medan tahun 2017, Kelurahan Karang Berombak, Kecamatan Medan Barat masuk nominasi perlombaan Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017.

Tim penilaian dari provinsi yang dipimpin, Ir H Aspan Sofyan Batubara MM, langsung melakukan penilaian terhadap Kelurahan Karang Berombak, bersama unsur kelurahan dan masyarakat halaman SMK Negeri Binaan Sumatera Utara, Jalan Karya Dalam, Kecamatan Medan Barat, Senin (12/6/2017) kemarin.

Kehadiran tim penilai disambut Sekda Kota Medan, Ir Syaiful Bahri, Camat Medan Barat Rudi F Lubis AP MSi dan Lurah Kelurahan Karang Berombak M. Ridho Siregar SSTP.

Dalam sambutannya, Sekda, menyampaikan Kelurahaan Karang Berombak telah banyak menunjukkan eksistensinya sebagai perpanjangan tangan Pemko Medan di tingkat kelurahan. “Kelurahan ini mampu terus meningkatkan pelayanan publik kearah pelayanan prima yang modern,” kata Sekda.

Kelurahan Karang Berombak, sebut Sekda, memiliki kultur masyarakat yang sangat tinggi dalam hal bergotong royong. Hal ini ditunjukkan melalui kesepakatan MoU dengan berbagai pihak seperti pemberian bantuan air minum isi ulang, bantuan septic tank, program, bedah rumah serta penanaman pohon.

“Dari laporan yang masuk ke saya, Kelurahaan ini sangat berhasil dalam hal layanan pemerintahan kepada masyarakat yang berbasis tekhnologi informasi, terutama dalam keberhasilan penerapan e-planing dan e-kelurahan, pemberdayaan masyarakat melalui pembinaan UMKM, peningkatan partisipasi masyarakat, pembinaan PAUD, pencanangan Kampung KB serta membuat terobosan dengan membuat lahan pekuburan baru yang diperuntukkan kepada warga serta memiliki layanan ambulans dari hasil swadaya masyarakat,” terang Sekda.

Sementara, Aspan Sofyan, mengatakan kedatangan tim untuk mengevaluasi kelurahan yang terpilih untuk masuk nominasi pada lomba tingkat Provinsi Sumatera Utara. “Kita ingin menghadirkan kelurahan terbaik yang mampu menjadi teladan bagi kelurahan lainnya. Evaluasi kita dari penyelenggaraan tahun lalu, kelurahan yang berhasil tampil sebagai pemenang di tingkat provinsi haruslah mampu berkembang untuk berbicara di tingkat yang lebih tinggi, baik tingkat regional, maupun nasional,” ujar Aspan.

Penilaian kelurahan terbaik ini, sebut Aspan, menggunakan acuan Permendagri 81 Tahun 2015, dimana hal-hal yang akan dievaluasi berkaitan dengan bidang pemerintahan, kewilayahan, kemasyarakatan, indikator pelayan kesehatan, program KB, kebersihan serta partisipasi dan pembinaan masyarakat kelurahaan.

“Nantinya akan diumumkan 6 kelurahan terbaik pada, Jumat (23/6/2017) mendatang yang layak masuk babak final. Disana mereka diminta ekspos tambahan untuk mencari Kelurahan terbaik yang layak sebagai pemenang di tingkat Provinsi,” sambungnya.

Sebelumnya Lurah Karang Berombak, M. Ridho Siregar, dalam eksposenya menyamoaikan keunggulan-keunggulan yang ada di kelurahan seluas 105 hektar dengan 19 lingkungan dan 28.646 orang jiwa didalamnya.

“Di Bidang Pemerintahan, kita sudah menerapkan sistem perencanaan pembangunan berbasi e-planing, pelaksanaan administrasi Kelurahan berbasis e-kelurahan. Selain itu kita juga punya program CUG Telkomsel bekerja sama dengan Kodim 0201/BS, serta Posko Trantib sepanjang tahun. Di bidang Kewilayahan, kita melakukan penataan pada jalan dan ruang publik yang terdiri dari Fasum dan Fasos, Penerapan SPM-Quick Respon, serta ekspos kegiatan Kelurahan Karang Berombak melalui media sosial,” papar Ridho. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan