Search
Minggu 19 November 2017
  • :
  • :

Daun Sirih, Ini 22 Manfaatnya

Starberita – Jakarta, Daun sirih mempunyai nama latin Piper betle L, Daun sirih tanaman asli Indoensia yang memiliki banyak sekali manfaat, daun sirih juga memiliki warna yang berbeda-beda yaitu warna hitam, hijau dan merah, namun yang paling populer di masyarakat adalah daun sirih yang berwarna hijau dan merah. Daun sirih hijau biasa ditemukan di pedesaan-pedesaan, sedangkan daun sirih merah biasa di gunakan untuk tanaman hias.

Daun sirih memiliki panjang sekitar 5-8 cm dan lebar sekitar 2-5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung bulat dan panjang. Sebagai budaya di daerah tertentu di Indonesia daun sirih dan buahnya biasa di makan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur, Kegiatan ini biasa di debut “nginang” dan masih di lakukan orang-orang tua hingga saat ini.

Kandungan Zat pada daun sirih

Banyak zat baik yang terkadung di dalam daun sirih yang baik untuk kesehatan. Terutama yang telah di proses dan diambil minyaknya, minyak atsiri yang berasal dari daun sirih mengandung betlephenol, seskuiterpen, pati, diatese, gula, dan kavikol atau memiliki kekuatan untuk membunuh kuman, anti oksidan, fungsida dan anti jamur.

Manfaat daun sirih merah

1. Mengatasi keputihan

Daun srih merah dapat digunakan untuk mengatasi keputihan karena daun sirih merah bersifat antiseptic, daun merah juga sangat bagus untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan, yaitu dengan cara merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu bilaskan air rebusan tersebut pada organ kewanitaan anda.

2. Mengatasi bau badan

Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih sangat mudah yaitu dengan cara merendam  2-3 lembar daun sirih dalam air panas dalam 1/2 gelas dengan ditambahi satu sendok teh gula putih, diamkan hingga air itu menjadi asam, kemudian minumlah air rebusan tersebut.

3. Mengatasi bau mulut

Daun sirih merah juga dapat di gunakan sebagai cara untuk menghilangkan bau mulutt, Caranya sangat mudah sekali yaitu dengan mengambil satu atau dua lembar daun sirih, anda bersihkan kemudian anda kunyah-kunyah dan diamkan beberapa menit dan ludahkan , lakukanlah sehari 3 kali, atau dnegan cara lain yaitu dengan merebut 5-6 lembar daun sirih hingga mendidih, saring dan dinginkan kemudian air rebusan tersebut anda gunakan untuk berkumur.

Manfaat daun dirih hijau

– Mengobati sakit gigi, gusi bengkak, bau muliut dan sariawan

Caranya sangat mudah, kunyah daun sirih hijau, atau berkumur dengan air rebusan daun sirih. Maka Sakit gigi maupun gusi bengkak atau sariawan secara bertahap akan hilang. Ketika berkumur dengan rebusan sirih hijau, bau mulut tak sedap juga akan hilang.

Caranya sangat mudah yaitu kunyah daun sirih dan berkumurlah dengan air rebusan daun sirih, maka sakit gigi, gusi bengkak, sariawan, bau mulut akan hilang

– Menyembuhkan keputihan

Ambil beberapa lembar daun sirih, anda rebus dan anda minum air rebusan tersebut dan sisanya anda siramkan ke bagian organ kewanitaan anda.

– Membantu mengatasi masalah menstruasi

Minumlah air rebusan daun sirih untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur.

– Mengobati luka bakar

Caranya, ambil daun sirih hijau, lalu panaskan hingga layu, kemudian anda tempelkan ke bagian luka bakar, daun sirih yang mengandung antiseptic dapat membunuh kuman penyebab infeksi, sehingga luka cepat sembuh.

– Mengobati mimisan

Jika kalian mengalami mimisan, gunakanlah daun sirih hijau untuk menghentikannya, yaitu dengan cara menggulung daun sirih hijau dan sumbatkan ke hidung yang mimisan.

– Meringankan gatal-gatal pada kulit

Tumbuk daun sirih hijau, lalu anda tempelkan ke bagian tubuh yang mengalami gatal-gatal, maka secara bertahap gatal anda akan hilang.

– Mengatasi sembelit

Daun sirih bersifat diuretik, sehingga bisa mengatasi sembelit

– Mengatasi masalah pernafasan dan batuk

Daun sirih juga dapat di gunakan untuk mengatasi masalah pernafasan dan batuk dengan cara meminum air rebusan daun sirih, dengan car ini daun sirih juga dapat mengatasi asma.

– Mengontrol diabetes

Daun sirih memiliki sifat antidiabetes, sehingga mampu mengontrol diabetes.

– Menyembuhkan luka

Daun sirih mengandung antiseptic yang sangat baik untuk menyembuhkan luka, tumbuk daun sirih dan tempelkan pada luka anda, maka luka anda akan cepat mengering dan sembuh.

– Mengatasi sakit punggung

Memijat punggung dengan daun sirih dan minyak akan lebih cepat meredakan sakit punggung anda.

– Menyehatkan saraf

Daun sirih yang dicampur dengan madu adalah tonik alami yang digunakan untuk mengobati nyeri saraf, kelelahan saraf dan kelemahan.

– Mengobati jerawat dan bekas luka

Daun sirih juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, yaitu dengan cara menumbuk daun sirih dan tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat.

– Megobati diare

Ambil 4-6 daun sirih dan 6 biji merica, 1 sendok makan minyak kelapa, tumbuk semua hingga halus dan gosokan pada perut

– Obat sakit jantung

Ambil beberapa daun sirih, rebus dengan air sebanyak 4 gelas hingga menjadi 2gelas, Minumlah air rebusan tersebut sehari 2 kali.

– Mengobati kanker

Daun sirih dapat bermanfaat untuk mengobati kanker, anda dapat menggunakannya untuk mengobatinya dengan cara mengambil beberapa lembar daun sirih, kemudian rebus hingga airnya berkurang hingga 1/4 bagian, lalu ambil air hasil rebusan daun sirih tersebut, campurkan dengan madu. Minumlah 3 kali sehari pada saat masih dalam keadaan hangat.

– Melancarkan buang air kecil

Daun sirih bersifat diuretik yang bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil. Jika anda mengalami penyakit susah buang air kecil, anda dapat mencoba menggunakan daun sirih untuk melancarkannya dengan membuat jus daun sirih. Caranya adalah dengan mencampurkan jus daun sirih dengan madu dan susu, kemudian diminum selama 1 minggu sekali.

– Mengobati bronkitis

Anda mempunyai permasalahan dengan batuk bronkitis, anda dapat mencoba mengobatinya dengan menggunakan daun sirih dengan cara merebus 5 hingga 7 lembar daun sirih yang telah dicuci hingga bersih bersama dengan sepotong gula batu didalam 2 gelas air bersih. Tuggu sampai hingga tersisa satu gelas saja. Kemudian minum 3 kali sehari masing-masing sepertiga gelas.

– Mengobati bisul

Jika anda sedang terkena bisul, maka anda dapat menggunakan daun sirih untuk mengobatinya. Caranya sangat mudah, hanya dengan menumbuk daun sirih tua secukupnya, lalu bubuhkan ke area yang terkena bisul. Agar daun sirih tidak lepas, sebaiknya balut menggunakan kain.

Demikianlah 22 manfaat daun sirih. Semoga informasi diatas bermanfaat dan terimakasih. (sbc-02/vnc)

 

 

 




Tinggalkan Balasan