Search
Rabu 20 September 2017
  • :
  • :

Cegah Kerusakan Ginjal dengan 3 Langkah Ini

Starberita – Jakarta, Ginjal merupakan salah satu organ dalam yang memiliki peran penting dalam proses ekskresi. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah yang kemudian akan dibuang dalam bentuk urine. Kita semua memiliki sepasang ginjal dengan ujuran sekitar 10 cm dengan berat sekitar 200 gram.

Ginjal memiliki peran penting, untuk itu menjaga kesehatan ginjal tentu hal wajib bagi kita semua. Namun sayangnya banyak orang yang tidak sadar dan baru sadar ketika ginjal sudah mengalami kerusakan.

Kerusakan ginjal disebabkan karena gaya hidup seperti pola makan yang tak baik. Seperti yang kita ketahui, makanan sekarang ini banyak sekali yang mengandung obat kimia, garam dan lain sebagainya yang harus memaksa ginjal bekerja keras untuk menyaring darah, akibatnya ginjal mengalami kerusakan.

Memang kita tidak dapat menghindari makanan serta gaya hidup orang modern, namun kita juga tetap haru memperhatikan kesehatan ginjal kita. Ada beberapa langkah mudah untuk menjaga ginjal kita agar tetap sehat dan tidak mudah rusak. Berikut Langkah Mudah Cegah Kerusakan Pada Ginjal.

Melakukan pemeriksaan secara rutin

Langkah pertama yang harus anda lakukan agar ginjal selalu sehat yaitu dengan melakukan pemeriksaan secara rutin. Hal yang harus anda periksa yaitu tekanan darah, diabetes, anda bisa melakukan pemeriksaan setahun sekali, namun jika memiliki riwayat ginjal, anda wajib melakukan pemeriksaan 6 bulan sekali.

Perbanyak minum air putih

Hal yang paling mudah untuk menjaga kesehatan ginjal kita yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Air putih akan membantu kerja ginjal, karena air putih dapat menetralkan racun. Selain itu anda wajib menghindari rokok, junk food, makanan asin dan makanan tak sehat lainnya seperti makanan kemasan.

Segera lakukan tindakan

Ketika anda mengalami atau terdeteksi menderita penyakit ginjal, segeralah melakukan tindakan segera dengan dokter spesialis. Dengan cara hemodialisa atau cuci darah atau juga bisa melakukan tranplantasi ginjal secara aman.

Demikian informasi tentang Langkah Mudah Cegah Kerusakan Pada Ginjal. Ginjal merupakan organ dalam yang sangat penting, untuk itu wajib bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan ginjal. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan