Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Buat Diabetes & Diet, Ini Cara Buat Teh Daun Murbei

Starberita – Jakarta, Tanaman yang satu ini mungkin sudah sering terdengar di masyarakat, tetapi jarang sekali digunakan maksimal. Disini akan dijelaskan bagaimana cara membuat teh daun murbei yang ampuh untuk mengobati beberapa penyakit.

Murbei atau Bebesaran, nama Latin tanaman adalah Morus, terdiri dari 10 hingga 16 spesies pohon tertentu. Tanaman ini berkembang di daerah panas sedang dan subtropis di Asia, Afrika dan Amerika.

Perkembangan murbei cukup cepat saat masih muda kemudian tumbuh lambat. Tinggi tanaman jarang melebihi 15 meter. Daun murbei tampak sederhana berbentuk cuping dan tepi bergerigi. Buah murbei majemuk dengan panjang 2 hingga 3 cm, berwarna merah bila masih muda, ungu tua bila ranum dan dapat dimakan. Murbei terkenal karena daunnya digunakan sebagai makanan ulat sutra, kayunya juga sering digunakan untuk lantai rumah karena kuat dan keras.

Buah murbei dapat dimakan dan banyak digunakan untuk pembuatan makanan, minuman, dan teh herbal. Buah dan daun dijual dalam berbagai bentuk sebagai suplemen gizi, tanaman dewasa mengandung resveratrol, terutama pada kulit batang. Buah mentah dan bagian hijau tanaman memiliki getah putih dan dianggap merangsan, atau bersifat halusinogen.

Adapun kandungan senyawa kimia yang terdapat didalam daun dan buah murbei diantaranya adalah karoten, adenin, kolin, amilase, minyak lemak, vitamin C, vitamin A, vitamin B1, kalsium, fosfor, maklurin, rutin, Morin, Ergosterol. Daun murbei bermanfaat sebagai antipiretik, antitusif, diuretik, anti flogestik, Analgesik. Berikut ini merupakan cara membuat teh daun murbei untuk mengobati penyakit hepattitis, sakit pinggang, radang persendiaan, kekurangan darah dan mengobati hipertensi.

  1. Cara membuat teh daun murbei: sediakan 10 gram ranting dan daun besaran. Seduh kedalam 110 ml air panas, teh ini diminum sehari 1 kali pada pagi hari.
  2. Pembuatan jus untuk pengobatan Hepatitis, kurang darah dan hipertensi: sediakan 10 gram buah murbei. Kemudian tambahkan air dan dibuat jus, diminum sehari 1 kali secara rutin selama 14 hari.

Manfaat teh daun murbei diantaranya untuk mengobati:

  1. Teh murbei dapat mengontrol kadar gula darah dan sangat baik untuk penderita diabetes.
  2. Kandungan moranoline (1-deoxyojirimycin) akan membantu membakar karbohidrat, sangat baik untuk menurunkan dan menjaga berat badan.
  3. Mengurangi resiko stroke, mencegah hepattitis, kurang darah dan hipertensi.
  4. Mengurangi kadar LDL dan triglyceride, melancarkan pembuluh darah dan membersihkan darah.
  5. Mengobati sakit pinggang dan radang persendiaan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Efek samping yang biasanya dialami adalah penurunan gula darah, alergi apabila menyentuh daun, kulit dan batang murbei. Cara membuat teh daun murbei tidak dianjurkan untuk digunakan oleh penderita gangguan ginjal, ibu hamil dan menyusui. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan