Search
Minggu 24 September 2017
  • :
  • :

10 Jenis Makanan Sebabkan Bau Mulut Tak Sedap

Starberita – Jakarta, Salah satu masalah yang timbul ketika kita berpuasa adalah bau mulut. Bau mulut tentunya kadang bisa menyebabkan seseorang kurang percaya diri. Karena hal tersebut, maka keadaan tersebut perlu di siasati supaya kita terhindar dari bau mulut saat berpuasa.

Betapa nikmatnya bila kita dapat berpuasa sekaligus terbebas dari bau tidak sedap mulut kita. Berikut cara-cara efektif agar terhindar dari bau mulut saat bulan puasa, lengkap dengan faktor dan cara mengatasinya.

Faktor Timbulnya Bau Mulut 

  • Daging merah merupakan salahsatu makanan yang menimbulkan aroma yang kurang sedap pada mulut, tak hanya mulut bahkan aroma badan Anda juga bisa terpengaruh. Ini disebabkan karena daging adalah makanan yang agak sulit dicerna oleh tubuh dan kemungkinan besar mengeluarkan gas yang kurang sedap pada tubuh. Apabila keluar keringat juga biasanya aroma yang dikeluarkan agar berbau.
  • Bawang putih, bawang bombai, bawang merah memiliki aroma yang kuat dan jika dikonsumsi bisa menyebabkan bau mulut bahkan bau badan menjadi kurang sedap. Bau yang dihasilkan pun kadang bisa bertahan beberapa jam hingga berhari-hari.
  • Makanan baik yang tinggi serat maupun rendah serat bisa memicu timbulnya aroma kurang sedap pada mulut, yang menjadi penyebabnya yaitu serat yang mengandung metana, karbon dioksida dan juga hidrogen yang memiliki sifat mengeluarkan gas ketika dicerna oleh tubuh.
  • Junk Food merupakan salahsatu yang menyebabkan bau mulut dan juga bau pada badan. Ini disebabkan junk food mengandung lemak yang memaksa pencernaan bekerja untuk mengolahnya. Namun, banyak orang yang kurang menyadari penyebab bau mulut yang satu ini.
  • Telur juga bisa memicu mnculnya bau mulut karena telur mengandung banyak protein. Ketika bereaksi dengan cairan asam yang ada pada saluran pencernaan, protein akan melepaskan bau kurang sedap yang bisa terbawa kembali oleh udara pernapasan dan keluar melalui rongga mulut.
  • Kopi juga merupakan salahsatu peyebab munculya bau mulut. Keasaman dan enzim alami yang ada pada kopi menyatu dengan air liur yang ada pada mulut sehingga menyebabkan mulut beraroma tak sedap.
  • Rempah-rempah biasanya akan tercium aroma yang kuat ketika akan dikonsumsi dan biasanya akan menghasilkan gas sulfur yang diserap oleh darah yang kemudian dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Biasanya hal ini bisa menjadi faktor bau mulut dan juga bau badan. Contoh beberapa makanan berjenis rempah-rempah tersebut yakni bawang putih, bawang merah dan kari.
  • Makan makanan yang berbau menyengat seperti petai,jengkol dan lain sebagainya.
  • Sisa makanan yang tertinggal dalam mulut bisa menjadi faktor utama terjadinya bau mulut. Didalam mulut terdapat banyak bakteri yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut.
  • Ketika tidak berpuasa, maka mulut akan memproduksi saliva, ketika berpuasa maka produksi saliva akan berkurang, akibatnya bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga akan muncul bau tidak sedap dimulut.
  • Penyebab bau mulut lainnya juga bisa terjadi karena datang dari dalam tubuh, seperti yang dialami pengidap diabetes atau maag.

Tips Mencegah Bau Mulut

  • Hindari makanan berbau kurang sedap seperti petai, jengkol atau durian.
  • Meminum air putih 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka, dapat membantu cegah bau mulut disiang hari. Karena air putih akan meningkatkan produksi saliva (air liur), sehingga mulut terjaga kebersihannya.
  • Menggosok gigi dengan sempurna dan menggosok lidah, juga dapat mengurangi bau mulut saat puasa. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari partikel makanan yang membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap.
  • Meminum teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka akan mencegah bau mulut. teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan, meminum teh hijau juga baik untuk perokok karena akan mengurangi peradangan pada rongga dan gangguan pernafasan.
  • Kurangi merokok atau tidak samasekali merokok saat sahur dan berbuka. Tidak merokok juga berkonstribusi besar pada pengurangan bau mulut pada siang hari bulan puasa.
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang lengket seperti cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, ditambah akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut.
  • Gunakan obat kumur (mouthwash) untuk hasil mulut yang lebih bersih maksimal.
  • Gunakan benang gigi (dental Floss) untuk membersihkan sela-sela gigi dari makanan busuk yang menyebabkan bau mulut.
  • Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.

Bila telah melakukan cara-cara diatas bau mulut Anda masih juga belum berkurang. Maka konsultasikanlah ke dokter karena bau mulut juga bisa terjadi karena faktor dari dalam tubuh (maag), gangguan pernapasan, diabetes atau penyakit dalam lainnya.

Nah itulah tips supaya kita terhindar dari bau mulut ketika kita berpuasa. Intinya kit harus mengonsumsi jenis makanan yang tidak menyebabkan bau mulut. Selain itu kita juga harus menjaga kesehatan dan kebersihan mulut kita. Semoga sedikit tips tersebut bermanfaat bagi anda. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan