Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Puasa, 6 Tips Sehat Cegah Kolesterol Tinggi

Starberita – Jakarta, Saat buka puasa, ingin rasanya makan apa saja sebagai upaya balas dendam karena sudah berpuasa seharian penuh. Namun menjaga pola makan yang benar tentu harus dilakukan agar tubuh sehat dan terhindar dari ancaman penyakit.

Jangan sampai karena rakus, lantas kita rela mengonsumsi makanan yang tidak sehat karena dampak buruknya akan kita rasakan sendiri. Kolesterol tinggi merupakan salah satu dampak buruk akibat mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Apakah mungkin kolesterol kita bisa meningkat saat puasa? Tentu saja bisa jika kita tidak menjaga pola makan yang sehat selama puasa.

Nah untuk mencegah kolesterol tinggi saat puasa, sebaiknya simak tips sehatnya berikut ini:

Hindari ngemil gorengan dan makanan berlemak lainnya

Ngemil gorengan saat buka puasa seringkali jadi kebiasaan masyarakat, padahal kebiasaan ini sangatlah tidak sehat. Bahkan bisa berisiko meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Sebaiknya ganti cemilan yang lebih sehat, seperti : buah, biji-bijian, salad, dan lainnya. 

Makanan atau minuman terlalu manis

Berbuka memang dianjurkan mengonsumsi yang manis, tapi manisnya yang sehat dan bisa dicerna tubuh, seperti kurma. Sayangnya banyak yang salah kaprah sehingga memilih makanan/minuman mengandung gula tinggi sehingga tidak hanya menumpuk kalori, tapi juga kolesterol.

Perbanyak makan buah dan sayur

Buah dan sayur kaya akan serat alami dan antioksidan yang ampuh membantu mengikis timbunan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, makan buah dan sayur akan member rasa kenyang lebih lama sehingga And atidak cepat lapar.

Hindari makanan ber IG tinggi

Makanan yang mengandung IG tinggi, seperti roti tawar, pasta dna lainnya juga wajib dihindari karena selain sebabkan tingginya kadar gula dalam darah juga sebabkan naiknya kolesterol. Makan itu, selektiflah memilih makanan yang sehat saat buka puasa dan sahur.

Hindari junk food

Hindari makanan tinggi garam dan natrium, seperti junk food, fast food atau makanan instan lainnya, karena dapat meningkatkan berat badan dan kadar kolesterol dengan cepat sehingga beberapa penyakit bahaya bisa mengintai Anda.

Lakukan Olahraga

Meski puasa, bukan berarti And ahrus bermalas-malasan. Lakukan olahraga rutin untuk menjaga kebugaran tubuh dan menjaga kadar kolesterol agar tetap normal.

Dengan mengetahui tips sehat mencegah kolesterol diatas, pastinya kita akan lebih cerdas lagi memilih menu-menu saat buka puasa dan sahur. Salam sehat! (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan