Search
Kamis 27 Juli 2017
  • :
  • :

2016, Kasus KDRT di Asahan Menurun

Starberita – Kisaran, Kepala Dinas Dalduk KB PP dan PA Kabupaten Asahan Syaifuddin Tarigan melalui Kabid Kelembagaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Triwan Sriwarni mengungkapkan bahwa tahun 2016, kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) menurun hanya ada 6 kasus.

Selanjutnya kata Triwan dibandingkan kasus pada tahun 2015 yang ditangani sebanyak 22 kasus. Dan untuk sampai periode Januari-Maret tahun 2017 ini, baru 4 kasus yang di tangani, jelasnya kepada andalas di Kisaran, kemarin.

”Data tersebut kami terima dari korban yang melapor ke SKPD terkait, ditambah dengan data korban yang melapor pada pihak kepolisian. Kemudian seluruh data tersebut digabungkan dan divalidasi kembali maka hasil sampai akhir tahun 2016 kekerasan dalam rumah tangga dan anak menurun,”jelas Triwan, sembari mengatakan hal tersebut menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat, terutama kaum pria dalam melindungi kaum perempuan dan anak terus mengalami peningkatan.

Dia mengatakan, untuk lokasi kekerasan seksual sendiri, berada di 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan. Kasus terbanyak terjadi di Kecamatan Kisaran Timur sebanyak 3 kasus, kemudian disusul Kecamatan Kisaran Barat, Kecamatan Tanjung Balai dan Kecamatan Aek Songsongan yang masing-masing 1 kasus.

Triwan menambahkan, bisa saja korban dari kekerasan perempuan dan anak tersebut lebih banyak lagi, karena dominan korban yang mengalami kasus malu untuk melaporkan diri. “Biasanya banyak terjadi namunkan beberapa korban malu untuk melaporkan, dan ini banyak terjadi.”

Dalam mengantisipasi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Asahan ini, Triwan mengaku selain akan terus menggiatkan kegiatan sosialisasi, pihaknya juga akan mencari tahu penyebab dari kasus kekerasan sehingga bisa mengambil langkah kedepannya. (sbc-04/drh)




Tinggalkan Balasan