Search
Senin 25 September 2017
  • :
  • :

Turunkan Berat Badan Selama Puasa, Ini 6 Tipsnya

Starberita – Jakarta, Ramadhan merupakan waktu dimana umat Muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah Puasa, yang berlangsung selama satu bulan lamanya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa ketika bulan suci Ramadhan, umat Muslim hanya diperbolehkan makan pada dua waktu saja yaitu pada saat sahur dan saat berbuka.

Waktu untuk makan sahur ialah sebelum terbitnya fajar, sedangkan waktu berbuka ialah setelah terbenamnya matahari di ufuk Barat. Dan pada waktu siang hari umat Muslim melaksanakan Puasa. Karena adanya kesenjangan waktu yang cukup panjang, diantara waktu sahur hingga berbuka menyebabakan biasanya orang-orang cenderung makan banyak, saat waktu sahur ataupun saat waktu berbuka.

Kebiasaan seperti itu, dapat mengakibatkan berat badan orang yang berpuasa, selama bulan suci Ramadhan justru naik bukannya turun. Buat kamu yang mendapati berat badanmu justru naik, selama menjalankan Puasa di bulan suci Ramadhan. Sebaiknya kamu ikuti beberapa tips diet berikut, yang dapat membantumu mendapatkan berat badan ideal, selama bulan suci Ramadhan.

Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa tips turunkan berat badan selama puasa Ranadhan. Tips-tips ini pastinya akan sangat berguna untuk membantu kamu, dalam upaya menurunkan berat badan sehingga kamu memperoleh tubuh yang ideal. Berikut ini ulasannya:

– Sahur dengan Makanan Sehat dan Seimbang

Pastikan makanan yang kamu makan saat sahur, merupakan makanan yang sehat dan seimbang. Cobalah untuk menghindari makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak, lebih baik perbanyak asupan sayur-sayuran, buah-buahan, atau daging pada saat sahur.

– Jangan Melewatkan Sahur

Jangan sampai melewatkan sahur, karena sahur merupakan waktu makan pertama dalam sehari ketika bulan Ramadhan. Dengan tidak melewatkan makan sahur, dapat memastikan kamu tetap aktif, dan bersemangat sepanjang hari. Selain itu, dengan kamu melewatkan makan sahur proses kerja metabolisme tubuh kita akan melambat, serta dapat membuat sistem pembakaran lemak pada tubuhmu melemah.

– Perbanyak Minum Air

Perbanyak minum air putih, jus buah, dan lain sebagainya, pada saat waktu sahur dan berbuka. Hal tersebut sangatlah penting, dalam upaya untuk menjaga agar kita tidak mengalami dehidrasi selama Puasa, dengan begitu dapat memastikan proses metabolisme tubuh bekerja dengan baik. Sistem metabolisme yang bekerja dengan baik, dapat membantumu dalam upaya menurunkan berat badan.

– Perbanyak Asupan Protein dan Serat

Pastikan, kamu makan makanan yang kaya akan kandungan protein dan serat, terutama ketika waktu berbuka. Hal ini dikarenakan pada waktu berbuka, merupakan waktu terakhir untuk makan dalam sehari. Sehingga dengan memperbanyak asupan protein, lemak sehat, dan serat, dapat membantu proses kerja metabolisme tubuhmu, dalam membakar kalori sepanjang malam.

– Perbanyak Makan Makanan Manis Yang Alami

Ketika bulan suci Ramadhan, biasanya banyak sekali makanan manis yang lezat, dan dijajakan di berbagai tempat. Sehingga mungkin kamu tidak akan tahan dengan godaannya. Namun, apabila kamu ingin menurunkan berat badan, sebaiknya kamu mengganti makanan manis itu dengan Kurma, Buah-buahan, dan Jus Buah yang alami.

– Tetap Aktif Beraktifitas

Cobalah untuk tetap aktif beraktifitas seperti biasanya. Cobalah untuk tetap melakukan aktifitas seperti olahraga ringan, misalnya berjalan, sit-up, squats, dan lain-lain. Dengan berolahraga pada saat dirimu sedang berpuasa, dapat membantu mempercepat proses penurunan berat badan, meskipun olahraga yang kamu lakukan ialah olahraga yang cenderung ringan.

Itulah ulasan mengenai enam tips turunkan berat badan dengan mudah selama bulan Ramadhan, sahabat sekalian. Dengan pengendalian diri yang baik, serta mengikuti tips-tips yang telah kami paparkan di atas, kamu dapat memperoleh hasil maksimal untuk tubuh ideal yang sesuai keinginanmu. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan