Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Puasa, Ini Penyebab Bibir Kering

Starberita – Jakarta, Sudah tidak terasa kita sudah memasuki hari ke 15 di bulan Ramadhan, bagaimana dengan puasa teman-teman, tetap lancar dan semangatkan? Alhamdulillah semoga puasa kita tetap lancar dan bersemangat, karena puasa adalah ibadah wajib yang tak boleh untuk kita tinggalkan.

Nah, di bulan Ramadhan seperti saat ini, kita berpuasa, dan sering kali kita mengalami masalah karena memang kita diharuskan menahan lapar dan haus selama seharin, dan masalah yang paling sering terjadi adalah dehidrasi yang akhirnya menyebabkan kulit kering dan bibir kering. Namun masalah tersebut dapat dicegah dan diatasi.

Hal pertama yang harus anda ketahui agar terhindar dari masalah kulit kering atau bibir kering adalah mengetahui apa penyebabnya? Dengan mengetahui penyebabnya, kita akan lebih mudah dalam melakukan dan pencegahan. Nah berikut beberapa penyebab bibir kering saat puasa yang wajib anda ketahui.

Makanan yang dikonsumsi saat sahur

Makan sahur sangat berpengaruh besar terhadap keberlangsungan puasa kita. Tidak hanya itu saja, ternyata makan sahur juga berpengaruh pada kecantikan kulit dan bibir saat berpuasa. Ada beberapa makanan dan minuman yang baiknya jangan dikonsumsi saat sahur agar puasa anda lancar dan anda tidak mengalami masalah seperti dehidrasi hinggi bibir kering atau pecah-pecah.

Makanan yang menjadi penyebab dehidrasi atau bibir kering diantaranya adalah gorengan, teh, kopi, makanan berprotein tinggi seperti telur, ikan, makanan asin, makanan manis dan lain sebagainya. Makanan-makanan tersebut akan membuat anda kekurangan cairan disiang hari sehingga menyebabkan dehidrasi hingga bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu perbanyaklah minum air putih saat sahur.

Sering menjilat bibir

Kita semua tahu jika sering menjilat bibir justru akan membuat bibir kering, kaku dan pecah-pecah. Sekilas dapat membasahi bibir dan membuat bibir lembab, namun justru akan membuat bibi kering. Hal ini dikarenakan air liur mengandung asam yang berfungsi untuk melumatkan makanan, dan hal terserbut jika sering terkena bibir, akan membuat bibir menjadi kering.

Tidak menggunakan pelembab atau lip balm

Penyebab terakhir kenapa bibir menjadi kering saat puasa yaitu dikarenakan anda tidan menggunakan lip balm. Selama puasa, kita tidak diperbolehkan minum, dan lip balm akan menjaga kelembaban bibir sehingga mencegah bibir dari dehidrasi, sehingga sangat penting untuk menggunakan lip balm agar bibir tetap terjaga.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Bibir Kering Saat Puasa Ramadhan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan