Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Pemkab Tobasa Hendak Kembangkan Potensi Wisata Air Terjun ‘Siharimo’

Starberita – Tobasa, Pemerintah kabupaten Toba Samosir menyampaikan rencana pengembangan air terjun Siharimo sebagai Daerah Tujuan Wisata.

“Sudah lama saya dengar wisata alam ini, tapi karena kesibukan, saya tidak bisa meninjau. Baru ini hari saya bisa sempatkan waktu,” kata Bupati, Ir Darwin Siagian, kemarin.

Air terjun ini berada di Desa Meranti Utara, Kecamatan Pintu Pohan Maranti. Tidak jauh dari PT. Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) dan hanya sekitar 1 KM dari tapal batas Kabupaten Toba Samosir dengan Kabupaten Asahan.

Bupati Darwin meninjau air terjun Siharimo, bersama Kepala Dinas Perhubungan, Pargaulan Sianipar, sepulang mendampingi Gubernur Provinsi Kalimantan Utara dan rombongan mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Paritohan, Kecamatan Pintu Pohan Maranti. Mereka sampai di lokasi melewati Desa Tangga, Kabupaten Asahan.

Camat Gibson Sinaga mengatakan, jalur yang bisa dilalui untuk sampai di Air Terjun Siharimo, ada dua yakni melalui Desa Tangga, Kabupaten Asahan dan Desa Parhitean Kecamatan Pintu Pohan. “Hanya saja bila dari Desa Parhitean agak sulit dilalui kendaraan, karena jalannya belum teraspal. Selain air terjun, disini juga ada wisata alam, namanya Sialogo, keindahannya juga mempesona,“ terang Camat kepada Bupati Darwin.

Diana Sibarani dan Hariono Siagian, warga sekitar membenarkannya. Kepada Bupati Darwin Siagian, diakui, bahwa meskipun kondisi lingkungan wisata alam air terjun Siharimo belum tertata rapi, wisatawan petualang sudah banyak yang datang liburan. Khususnya pada hari libur, Sabtu, Minggu, Lebaran, Natal dan Tahun Baru. “Mahasiswa yang memiliki sifat bertualang juga datang liburan di sini,” ujar Hariono.

Untuk itu diharapkan, sentuhan tangan Pemerintah Kabupaten Tobasa, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan kebudayaan untuk menata lingkungannya dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang memperbaiki jalan menuju air terjun, supaya wisatawan semakin banyak datang mengunjungi wisata alam tersebut, sehingga perekonomian masyarakat sekitar dapat meningkat. (sbc-04/drh)




Tinggalkan Balasan