Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Mungkin Ini Penyebab Lidah Anda Putih?

Starberita – Jakarta, Lidah yang sehat umumnya berwarna merah muda dan ditutupi papila, nodul kecil yang ada di permukaan lidah dan memiliki tekstur kasar.

“Bila lidah Anda tampak putih, itu berarti sisa makanan, bakteri, dan sel-sel mati telah tersangkut di antara papila yang meradang,” kata dokter asal Amerika, Dr Josh Axe, dalam laman pribadinya.

Axe menjelaskan, lidah putih biasanya tidak berbahaya dan hanya terjadi sementara. “Tapi, lidah berwarna putih bisa juga merupakan indikasi adanya infeksi atau beberapa kondisi serius,” ujarnya.

Beberapa faktor penyebab lidah putih, yakni dehidrasi, kebersihan mulut yang buruk, adanya penyakit atau infeksi, mulut kering, demam, reaksi terhadap obat tertentu, termasuk antibiotik atau steroid, infeksi jamur, merokok, pengguna alkohol, makan pedas, dan penyakit jantung bawaan pada orang dewasa. “Penyebab paling umum dari lidah putih adalah dehidrasi atau mulut kering, yang merupakan tempat berkembang biak bagi bakteri,” kata Axe.

Menurut Axe, jika Anda tidak rajin menyikat lidah dan gigi minimal dua kali sehari, akan meningkatkan risiko perkembangan lidah putih. “Lidah putih sering terjadi karena pertumbuhan berlendir candida, jamur yang menyebabkan infeksi jamur atau sariawan,” ujar Axe.

Sebenarnya, Axe melanjutkan, sangat normal bagi jamur candida untuk hidup di mulut. “Tapi saat terakumulasi, itu bisa menyebar ke langit-langit mulut, gusi, lidah, amandel, dan belakang tenggorokan dan membuat lidah putih, lesi putih, kemerah-merahan, bahkan berdarah,” katanya. (sbc-02/tem)

 




Tinggalkan Balasan