Search
Minggu 25 Juni 2017
  • :
  • :

Menjaga Buah & Sayur Tetap Segar Lebih Lama

Starberita – Jakarta, Saat Anda membeli buah ataupun sayuran tentunya terkadang ada buah dan sayur yang sudah siap disantap atau disajikan namun ada pula yang ingin disimpan dan diharapkan untuk tahan lebih lama.

Sebagai seorang ibu menyiapkan atau cadangan sayuran dan buah-buahan untuk keluarga biasanya membeli dengan partai yang besar agar tidak terlalu repot bolak balik belanja di pasar tradisional maupun modern.

Tapi mengenai membeli sayuran dan buah-buahan dalam partai besar tentunya ada satu kendala yang dialami oleh ibu yaitu buah ataupun sayuran tidak bertahan lama, tidak segar lagi, berjamur ataupun busuk.

Bila Anda seorang ibu-ibu atau remaja putri yang ingin membantu ibunya dalam menjaga sayuran agar bertahan lebih lama, Anda berada pada situs yang tepat. Anda dapat melakukan hal ini untuk menjaga buah dan sayuran agar bertahan lebih lama.

1. Daun bawang
Tentunya ibu-ibu tidak asing lagi dengan sayuran yang satu ini. Biasanya daun bawang ini di beli sesuai kebutuhan atau sesuai keinginan. Namun apabila Anda perlu membelinya dalam partai besar, Anda dapat melakukan hal ini agar dapat awet dan tahan lama. Yang perlu anda lakukan adalah pastikan daun bawang yang ingin Anda simpan dalam keadaan kering, lalu potong-potong.

Setelah daun bawang dipotong potong semua, hal yang pelu Anda lakukan selanjutnya adalah memasukkan potongan daun bawang tadi kedalam wadah toples yang rapat. Pastikan wadah toples tersebut benar-benar dalam keadaan kering. Ingat lebih baik jangan di cuci terlebih dahulu agar daun bawang benar benar kering. Dengan melakukan hal ini daun bawang dapat bertahan hingga satu bulan.

2 Selada dan brokoli
Bila remaja putri yang ingin membantu orang tuanya dalam menjaga sayuran dan buah-buahan agar tetap segar dan tahan lama tidak tahu dengan selada dan brokoli, Anda dapat menanyakan pada ibu atau bila Anda malu bertanya pada ibu, Anda dapat search di google tentang sayuran ini. Untuk menjaga agar selada dan brokoli ini tetap segar dan tahan lama, cara yang paling mudah adalah menutup sayuran tersebut dengan aluminium foil. Dengan cara ini sayuran selada dan brokoli dapat bertahan 2-3 minggu bahkan sampai satu bulan. Pastikan membungkus brokoli dan selada dengan rapat karena kerapatan dalam membungkus sayuran menggunakan aluminium foil ini dapat mempengaruhi ketahanan selada dan brokoli tersebut.

3. Bawang merah dan bawang bombay
Siapa sih yang tidak suka menambahkan bawang merah atau bawang bombay untuk bumbu masakan? Bawang merah dan bawang bombay berperan penting bagi kelezatan suatu makanan. Tak heran terkadang stock bawang merah atau bawang bombay di dapur melimpah.

Namun karena cara penyimpanan yang keliru banyak bawang merah atau bawang bombay menjadi cepat bertunas atau bahkan membusuk. Jadi disarankan bila Anda ingin persediaan bawang merah dan bawang bombay tetap segar dan tahan lebih lama, simpanlah bawang merah dan bawang bombay di ruangan yang sirkulasi udaranya baik.

Kemudian jangan gabungkan dengan buah-buahan lain seperti di campur dengan tomat atau rampai, karena hal ini dapat merangsang pertumbuhan tunas pada bawang merah dan bawang bombay. Selanjutnya jangan di letakkan berdekatan dengan kentang karena aroma dari kentang ini dapat mempercepat atau merangsang tumbuhnya tunas dari bawang merah dan bawang bombay tersebut.

4. Kentang
Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi bahkan kentang sangat digemari bagi kalangan muda. Mengapa demikian, karena banyak kafe-kafe menjual kentang goreng tempat tongkrongan anak muda jaman sekarang.

Bila bawang merah dan bombay tidak baik berdekatan dengan kentang maka sebaliknya, kentang yang di letakkan dekat dengan buah apel akan bertahan lebih lama. Hal ini karena apel mengeluarkan senyawa yang dapat membuat apel bertahan lebih lama. Jadi untuk kentang dan Apel boleh diletakkan di suatu tempat atau wadah yang sama.

5. Keju
Mungkin banyak dari kalian yang suka dengan keju. Namun menyimpan keju meskipun di tutup dengan aluminium foil akan cepat menjadi keras. Sebenarnya ada cara sederhana untuk menjaga keju agar tidak cepat mengeras yaitu dengan cara mengoleskan mentega pada bagian yang telah Anda potong lalu tutup kembali menggunakan aluminium foil. Dengan demikian keju akan tetap lembut dan bertahan lama.

6. Buah strawberry
Siapa sih yang tidak kenal buah strawberry? Buah strawberry saat ini banyak di gemari mulai dari kalangan muda hingga dewasa. Buah ini bisa di sajikan dengan di jadikan berbagai macam minuman, makanan atau bahkan langsung saja di makan dalam bentuk buah utuh.

Namun buah stawberry sering sekali ketika di simpan tidak bertahan lebih lama sehingga busuk dan berjamur. Kali ini terdapat tips mudah yang dapat Anda terapkan agar buah strawberry ini bertahan lebih lama yaitu dengan mencelupkan buah strawberry dengan campurancuka apel dengan air.

Perbandingan cuka apel dan air adalah 1:10 yaitu satu sendok cuka apel berbanding sepuluh sendok air. Setelah di celupkan dan bilas dengan campuran tersebut setelah itu silahkan tempatkan dalam wadah mangkuk dan bisa anda tempatkan didalam kulkas. Dengan cara ini strawberry dapat bertahan sampai 2 minggu.

7. Buah pisang
Pastinya Anda seorang ibu tidak asing dengan buah pisang. Pisang memiliki suatu zat yang bernama etilen. Etilen merupakan suatu zat yang dapat mematangkan suatu buah itu sendiri dan biasanya keluar dari area ujung batang pisang. Jadi disarankan untuk menutup bagian batangnya dengan plastik untuk membuat atau mencegah si pisang menjadi terlalu cepat matang.

Jadi cara penempatan buah dan sayur dapat menentukan ketahanan buah dan sayur agar bertahan lebih lama. Tapi karena minimnya informasi tentang hal ini kebanyakan ibu-ibu meletakkan semua sayuran dan buah-buahan kedalam kulkas atau di tempatkan pada tempat yang sama dan tiba-tiba semua berjamur dan busuk. Nah, dengan tips cara menjaga buah dan sayur tetap esgar dan bertahan lama diatas diharapkan dapat membantu Anda sebagai Ibu rumah tangga dalam mengatasi buah dan sayur yang cepat membusuk. Cukup mudah kan?. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan