Search
Minggu 25 Juni 2017
  • :
  • :

Manfaat Makanan Berserat untuk Kesehatan Tubuh

Starberita – Jakarta, Serat adalalah salah satu jenis zat yang terkandung dalam beberapa jenis makanan seperti buah-buahan dan sayuran yang dapat membantu dalam proses pencernaan. Agar tubuh kita tetap terjaga kesehatannya, maka maka sangat dibutuhkan asupan serat dari makan yang dikonsumi.

Berbicara tentang serat, ada banyak jenis makanan yang mengandung serat. Dan semua makanan yang mengandung serat biasanya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebab, makanan berserat mampu membantu proses metabolisme tubuh, terutama melancarkan pergerakan makanan yang ada di dalam usus. Usus membutuhkan serat untuk mengangkut makanan lain dan menghasilkan tinja. Jika kekurangan serat makanan, maka pencernaan tidak akan bisa berjalan dengan baik. Bahkan bisa memicu timbulnya berbagai macam masalah kesehatan.

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari makanan yang berserat, sebagian diantaranya telah dijelaskan di atas. Selain itu, ada juga manfaat lain dari makanan berserat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat makanan berserat untuk kesehatan tubuh:

  1. Membantu tubuh mendapatkan energi

Tubuh kita membutuhkan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas setiap hari. Nah, untuk mendapatkan pasokan energi, anda bisa rutin mengkonsumsi makanan berserat. Serat adalah salah satu jenis karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh dan organ pencernaan. Dengan mengkonsumsi serat secara teratur akan membantu meningkatkan penyerapan energi dengan lebih ringan.

  1. Melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit

Memang bukan rahasia lagi bahwa makanan yang mengandung serat mampu melancarkan sistem pencernaan. Jika anda tidak ingin memiliki masalah gangguan pencernaan seperti sembelit dan lain sebagainya, konsumsilah makanan berserat secara rutin. Asupan serat yang terpenuhi dengan baik akan membantu menghindarkan anda dari gangguan masalah pencernaan.

  1. 3. Menurunkan berat badan

Mungkin banyak yang belum mengetahui akan hal ini, bahwa makanan berserat ternyata mampu menurunkan berat badan. Makanan berserat mengandung nutrisi yang lengkap dan baik untuk membantu menurunkan berat badan anda. Karena mengkonsumsi makanan berserat akan membantu anda kenyang lebih lama, sehingga menghindarkan anda dari rasa ingin ngemil.

  1. Membantu pergerakan usus

Makanan berserat juga dapat membantu pergerakan usus menjadi lebih baik. Banyak mengkonsumsi makanan berserat akan meningkatkan sistem gerakan usus dalam mengolah makanan yang masuk ke saluran pencernaan. Bukan hanya itu, serat dalam makana juga dapat membantu fases menjadi lebih lembut, sehingga usus bisa bekerja lebih normal dan tidak terkendala keras. Hal ini sangat baik untuk menghindari gangguan wasir, diare, atau sebagainya.

  1. Mencegah batu ginjal dan batu empedu

Kadar gula darah yang tidak terkontrol dengan baik bisa memicu meningkatnya risiko batu ginjal dan batu empedu. Untuk mencegahnya, anda bisa rutin mengkonsumsi makanan berserat. Serat mampu mengatur kadar gula darah dengan cara mencegah insulin agar tidak masuk ke aliran darah selama proses pencernaan. Hal ini tentu berdampak baik karena tidak terbentuknya empedu dan batu ginjal.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit sangat penting untuk kita jaga. Salah satu caranya yaitu dengan rutin mengkonsumsi makanan berserat. Anda bisa dengan mudah mendapatkan serat, yaitu dari buah-buahan maupun sayuran. Serat mampu memindahkan berbagai jenis racun, bakteri, dan jamur yang berasal dari makan dan masuk ke sistem pencernaan. Jika racun, bakteri, dan jamur bisa teratasi, tentu kulit anda akan terhindar dari jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya.

  1. Menurunkan kadar koletserol

Berbeda dengan makanan lainnya, makanan yang mengandung serat mampu menurunkan kadar koletserol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang didapatkan dari berbagai makanan berlemak akan meningkatkaan kolesterol dalam darah. Tentu saja hal ini bisa memicu risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan sebagainya. Untuk mengatasi dan mencegahnya, anda perlu mengkonsumsi makanan berserat secara rutin. Dengan demikian, kadar kolesterol akan lebih terjaga.

8. Membantu mengatur kadar gula darah

Kadar gula darah dalam tubuh kita memang perlu diperhatikan. Kadar gula darah ini didapatkan dari proses pemecahan karbohidrat yang dilakukan oleh sel-sel dalam darah. Jika mengkonsumsi makanan berserat secara teratur, maka akan dapat membantu proses penyerapan zat makanan oleh organ tubuh dan sel-sel darah menjadi lebih baik. Dengan demikian, makan tidak akan ada lagi pengumpulan gula dalam darah. Maka, kosnumsilah makanan berserat secara rutin untuk menjaga kadar gula darah dengan baik.

  1. Mencegah diabetes

Penyakit diabetes memang perlu diberikan penanganan khusus dalam mengatasinya. Penanganan khusus terserbut yaitu dengan mengkonsumsi makanan berserat secara rutin. Makanan berserat mampu mengatur kadar gula darah dengan baik, itulah kunci dari penyakit tersebut. Jika kadar gula darah bisa diatur dengan baik, maka diabetes akan teratasi. Maka, konsumsilah makanan berserat secara teratur, agar penyerapan kadar gula dalam darah bisa diperlambat.

  1. Menyehatkan jantung

Kesehatan jantung sangat penting untuk kita perhatikan. Salah satu cara memperhatikannya adalah mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesehatannya, termasuk mengkonsumsi makanan berserat. Makanan berserat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, yang tentunya akan berdampak baik bagi kesehatan jantung. Karena kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyebab datangnya penyakit jantung.

  1. Mencegah stroke

Selain menyehatkan jantung, makanan berserat juga dapat membantu mencegah penyakit stroke. Berdasarkan study yang telah dilakukan, bahwa serat dalam diet mampu menurunkan risiko stroke. Memenuhi kebutuhan serat setiap harinya minimal 25 gram akan membantu menghindarkan anda dari stroke. Maka konsumsilah makanan berserat seperti buah-buahan dan sayur.

  1. Mencegah penyakit kanker

Salah satu penyakit mematikan yang tidak boleh dibiarkan begitu saja, yaitu penyakit kanker. Memang terkadang kita tidak tahu kapan sel-sel kanker akan tumbuh dan berkembang. Oleh sebab itu kita haru waspada dan melakukan pencegahan. Makanan berserat mampu membantu mencegah penyakit kanker. Penelitian mengungkapkan bahwa serat mampu meningkatkan kecepatan makanan dalam melewati saluran pencernaan. Dengan demikian, serat mampu mencegah penyakit kanker usus besar, rahim, ovarium, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Makanan Berserat untuk Kesehatan Tubuh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan