Search
Jumat 15 Desember 2017
  • :
  • :

Manfaat & Efek Samping Kayu Manis untuk Kesehatan

Starberita – Jakarta, Kayu manis adalah salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Rempah ini memang sangat unik. Sebab, yang digunakan adalah kulit dari batang pohon kayu manis untuk dimanfaatkan.

Banyak orang memanfaatkan kayu manis sebagai bumbu maupun sebagai obat tradisional berbagai macam masalah kesehatan seperti diabetes, kardiovaskular, dan lain sebagainya. Kandungan alami yang ada didalamnya seperti serat, kalsium, zat besi, dan masih banyak lagi, membuat rempah yang satu ini banyak dipilih oleh orang untuk dimanfaatkan sebagai campuran bumbu maupun obat alami kesehatan.

Namun meskipun kayu manis memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, kayu manis juga memiliki efek samping yang juga merugikan kesehatan. Tentu saja efek samping ini akan dirasakan jika penggunaan tidak sesuai dengan aturan. Berikut ini beberapa manfaat dan efek samping dari kayu manis untuk kesehatan.

Manfaat kayu manis untuk kesehatan

1. Anti infeksi

Kayu manis memiliki kandungan anti infeksi natural yang dapat membantu menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan berbagai macam penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri. Manfaatkan kayu manis dengan baik agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

2. Meningkatkan fungsi otak

Kayu manis juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak kita. Hanya dengan mencium aroma kayu manis dapat membantu meningkatkan aktivitas otak. Aroma kayu manis dapat meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, dan kecepatan bekerja pada program komputer. Sangat cocok bagi anda yang mendalami bidang IT. Hehe.

3. Menghangatkan

Sifat kayu manis yang menghangatkan tubuh memang membuat tubuh terasa sangat nyaman. Menghangatkan tubuh dengan menggunakan kayu manis biasanya sering dilakukan di China. Dengan cara ini tubuh bukan hanya terasa hangat dan nyaman, tapi juga terhindar dari penyakit demam dan insluenza.

4. Mengurangi sakit rematik

Jika anda memiliki penyakit rematik, anda bisa mengatasi rasa sakitnya dengan memanfaatkan kayu manis. Kayu manis ini bisa anda jadikan sebagai obat tradisional alternatif untuk menyembuhkan rematik.Konsumsilah kayu manis secara teratur dan dengan cara yang benar.

5. Mengontrol gula darah

Dengan memanfaatkan kayu manis, gula darah dalam tubuh anda juga bisa terkontrol dengan mudah. Kayu manis mampu membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin dalam tubuh pasien diabetes tipe 2. Satu kayu manis pun diktehaui dapat menurunkan tingkat gula darah, kolesterol buruk, triglycerides, dan kolesterol total pada pasien diabetes.

6. Mencegah penggumpalan darah

Kayu manis juga menghasilkan minyak yang dapat membantu mencegah penggumpalan darah. Berdasarkan penelitian, kayu manis dapat menyeluarkan asam lemak anti peradangan yang disebut arachidonic yang dapat mengurangi radang dan penggumpalan darah.

7. Menurunkan kolesterol

Seperti yang telah disinggung penjelasannya di atas, bahwa kayu manis juga dapat anda manfaatkan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh anda. Kandungan kalsium, mineral, serar, dan lainnya sangat baik dalam mengontrol kadar kolesterol. Selain itu, kayu manis juga sangat cocok untuk menjaga kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kayu manis juga dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung anda. Berdasarkan penelitian, kayu manis mampu mengurangi lipid, juga memiliki adhesi platelet dan sifat anti inflamasi. Mengkonsumsi kayu manis secara teratur dapat membantu menjaga jantung anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Efek samping kayu manis untuk kesehatan

Selain memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, kayu manis juga dapat memberikan efek samping bagi kesehatan tubuh. Penggunaan kayu manis yang salah atau terlalu berlebihan atau pada orang yang alergi, dapat menyebabkan iritasi pada mulut, bibir, dan bagian lainnya yang dapat menyebabkan luka. Biasanya akan menyebabkan kemerahan jika diaplikasikan pada kulit.

Bukan hanya menyebabkan iritasi, penggunaan kayu manis yang berlebihan  juga dapat menyebabkan terjadinya keracunan. Terutama bagi seseorang yang memiliki gangguan pada hati. Kayu manis mengandung coumrin yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan hati. Dan bagi penderita diabetes mungkin perlu menyesuaikan pengobatan jika menggunakan suplemen kayu manis. Jangan berlebihan, sebab dapat menurunkan gula darah terlalu drastis jika berlebihan.

Memang sangat baik untuk pengobatan dan perawatan kesehatan, namun bukti keamanan kayu manis sebagai obat tradisional ini masih tergolong kurang, sehingga tidak direkomendasikan bagi anak-anak, atau bagi wanita yang sedang hamil serta sedang menyusui. Dan juga bagi anda yang sedang mengkonsumsi obat teratur, sebaiknya konsultasi dulu kepada dokter anda sebelum memanfaatkan kayu manis sebagai obat. Sebab, kayu manis dapat berinteraksi dengan antibiotik, obat diabetes, pengencer darah, obat jantung, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Efek Samping Kayu Manis untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan