Search
Senin 24 Juli 2017
  • :
  • :

Jadikan Puasa Momentum Tingkatkan Kebersamaan

Starberita – Medan, Ratusan masyarakat yang berasal dari sejumlah organisasi dan pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan buka puasa bersama dengan Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi dan Wakil Walikota, Ir Akhyar Nasution MSi, di halaman Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Sabtu (10/6/2017). Selain mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah, memalui buka puasa ini juga diharapkan dapat meningkatkan pastisipasi masyarakat dalam mendukung pembangunan.

Buka puasa ini turut dihadiri Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin S MSi yang juga Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumut, Ketua GOPTKI Kota Medan, Ny Nurul Khairani Akhyar, pengurus dan anggota Dharma Wanita Kota Medan, GOW Kota Medan, Himpaudi Kota Medan serta sejumlah organisasi lainnya,  pimpinan SKPD dan  camat beserta istri.

Menurut Walikota, buka bersama ini  mencerminkan sikap toleransi yang kokoh diantara sesama warga Kota Medan. Selain itu mengandung makna kesatuan dan persatuan serta persaudaraan. “Keseluruhan ini mengandung makna partisipatif yang menunjukkan bahwa semua Warga Kota Medan Ingin bertisipasi terhadap pembangunan di Kota Medan,” kata Walikota.

Demi terwujudnya pembangunan yang lebih cepat dan berkesinambungan, Wali Kota menegaskan perlu dukungan dan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat, termasuk organisasi-organisasi yang ada. Dikatakannya, peranan masing – masing organisasi sangat mendukung pembangunan yang tengah dijalankan saat ini.

“Untuk itulah saya berharap bulan puasa ini kita jadikan momentum meningkatkan kebersamaan, sehingga tak ada jarak antara pemerintah dengan masyarakat. Dengan demikian kita harapkan masyarakat, termasuk sleuruh organisasi yang ada mendukung aseluruh program pembangunan dalam upaya menjadikan kota yang kita cintai ini menjadi lebih baik lagi ke depannya,” kata Walikota.

Dalam rangka membangun rasa kebersamaan ini, nuansa berbuka puasa yang digelar kali ini berbeda dari berbuka puasa sebelumnya. Jika selama ini usai Shalat Maghrib bersama, seluruh yang hadir harus bergantian untuk mengambil menu makan malam. Namun kali ini seluruh yang hadir tinggal duduk di tempat semula, sebab aneka makan malam sudah tersedia ala liwetan di depan meja masing-masing.

Dengan sistem ini, tidak ada perbedaan diantara Wali Kota, Wakil Wali kota, pimpinan SKPD, camat maupun masyarakat.  Sebab, seluruh menu yang disajikan sama. Oleh karenanya Wali Kota berharap buka puasa kali ini semakin mendekatkan pemerintah dengan masyarakat. “Insya Allah masyarakat semakin mendukung seluruh program pembangunan yang kita jalankan,” ungkapnya.

Buka puasa ini diisi tausiah singkat yang disampaikan Al Ustad Drs H Sutanto. Dikatakannya, orang yang berpuasa pada umumnya lebih cerdas karena rasa lapar itu membuatnya lebih kuat berfikir dan lebih mandiri dibandingkan orang yang selalu dalam kekenyangan.

Terkait kecerdasan, Sutanto mengatakan ada tiga bagian yakni kecerdasan intelektual yang berarti selalu berfikir positif dan tidak berfikir negatif. “Lalu, kecerdasan emosional yang berarti cerdas di dalam lingkungan dan selalu berbagi dengan sesama, serta kecerdasan spritual yang meliputi jiwa dan akidah,” jelas Sutanto.

Usai berbuka puasa bersama, Walikota dan Wakil Walikota serta seluruh yang hadir melaksanakan shalat maghrib bersama dan dilanjutkan dengan makan malam bersama serta shalat isya dan shalat tarawih. (sbc-02)




Tinggalkan Balasan