Search
Kamis 29 Juni 2017
  • :
  • :

Tips Jaga Berat Badan Selama Puasa

Starberita – Jakarta, Berpuasa selama bulan Ramadhan tidak selalu membuat berat badan menurun. Bahkan banyak orang yang mengeluhkan berat badan selalu naik selama bulan Ramadhan. Masih menjadi pertanyaan bagi mereka apa penyebab dari kenaikan berat badan tersebut.

Berbicara tentang kenaikan berat badan di saat puasa ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun pada umumnya disebabkan karena pola makan yang kurang baik dan tidak sehat. Biasanya, yang sering menjadi penyebab utama adalah saat makan di waktu buka puasa yang berlebihan dan ketika setelah sahur langsung tiduran. Lalu bagaimana caranya agar berat badan tidak naik dan selalu meningkat di saat berpuasa ini?

Untuk menjaga berat badan tetap stabil dan tidak naik selama berpuasa. Anda perlu mengubah pola makan anda dan perlu menerapkan kebiasaan sehat setiap harinya. Untuk mempermudah anda dalam menjaga berat badan. Cobalah tips menjaga berat badan berikut ini selama berpuasa:

  1. Konsumsi buah

Merupakan suatu keharusan bagi anda mengkonsumsi buah. Pilihlah buah daripada gorengan saat berbuka puasa. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya  akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan juga bermanfaat menjaga berat badan agar tetap stabil.

  1. Olahraga kecil

Selama anda berpuasa, anda juga diwajibkan untuk olahraga. Jangan pernah jadikan puasa untuk alasan agar anda bisa bermalas-malasan tidak olahraga. Itu akan merugikan diri anda sendiri. Olahragalah setiap harinya selama beberapa menit. Cukup dengan olahraga ringan saja.

  1. Hindari lemak

Saat anda berbuka puasa atau saat sahur. Hindari berbagai macam makanan yang mengandung lemak. Anda boleh mengkonsumsi susu, namun alangkah baiknya pilih susu yang rendah lemak. Begitu juga dengan daging. Pilihlah daging dengan kandungan lemak yang rendah atau yang bebas lemak.

  1. Hindari minyak

Untuk menghindari asupan lemak jenuh dalam tubuh, yang perlu anda lakukan adalah dengan menghindari segala makanan berminyak. Saat memasak, hindari memasak dengan menggoreng. Masaklah dengan cara memanggang, mengukus, merebus, dan dengan cara lainnya yang bebas minyak.

  1. Hindari makan berlebihan

Sangat penting bagi anda untuk menghindari berlebihan dalam berbuka maupun saat sahur. Sebab makan yang berlebihan ini akan dapat menambah berat badan secara drastis meski hanya makan dua kali dalam sehari. Berbukalah dan sahurlah dengan porsi makanan yang wajar atau masuk akal. Jangan berlebihan. Apalagi kalau tidak disertai dengan olahraga.

  1. Mengunyah makanan perlahan

Biasanya, inilah yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang. Karena merasa senang waktu buka puasa sudah tiba, langsung ingin makan cepat, banyak, dan tidak teratur, yang penting enak dan kenyang. Inilah yang justru dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan.

  1. Makanan pembuka

Pilihlah makanan pembuka yang cocok untuk anda. Anda bisa memilih buah-buahan seperti kurma. Setelah anda minum air mineral, makanlah kurma sebagai pembuka. Setalah itu, anda bisa menyantap makanan untuk mengenyangkan perut. Tapi tetap ingat, jangan berlebihan. Dianjurkan bagi anda untuk minum air, makan kurma, lalu sholat, setelah sholat baru makan.

  1. Asupan mineral

Meski anda sedang berpuasa di bulan Ramadhan, bukan berarti anda harus mengabaikan mengkonsumsi air mineral dengan cukup. Anda tetap harus menjaga asupan mineral seperti halnya anda tidak berpuasa. Yaitu memperbanyak minum air ketika berbuka dan sampai saat sahur. Ini ditujukan agar anda bisa kenyang lebih lama dan terhindar dari dehidrasi.

Demikianlah informasi tentang Tips Menjaga Berat Badan Selama Puasa. Jangan sampai karena puasa berat badan anda menurun derastis atau malah sebaliknya melonjak derastis. Lakukan tips diatas agar berat badan tetap terjaga selama puasa ramadhan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan