Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Tanjungbalai Andalan Sumut Jaring Wisman

Starberita – Tanjung Balai, Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengatakan Kota Tanjungbalai menjadi andalan Sumatera Utara dalam menjaring wisatawan mancanegara.

Kota Tanjung Balai yang hanya berjarak 3 jam berkendaraan ferry dari Malaysia diharapkan ikut mendongkrak jumlah kunjungan wisawatan asing di Sumut. Hal tersebut disampaikan Gubernur saat mengunjungi Kota Tanjungbalai dalam acara Safari Ramadhan yang bertempat di Kediaman Dinas Walikota Tanjung Balai, kemarin.

“Target pemerintah kunjungan wisman harus meningkat, Sumut ditargetkan satu juta kunjungan wisman. Tidak ada kata lain Tanjung Balai menjadi andalan bagi Sumut untuk menjadi pintu masuk wisatawan asing,” kata Erry.

Apalagi, dikatakan Erry, pembangunan pelabuhan penumpang Teluk Nibung di Tanjungbalai sudah dibangun dan akan selesai dalam waktu dekat. “Tanjung Balai diproyeksikan menjadi pintu gerbang wisatawan asing sehingga harus dimanfaatkan dengan baik,” kata Erry.

Dia menjelaskan bahwa di Sumut hanya ada tiga pintu masuk bagi wisatawan asing yaitu Bandara Udara Kuala Namu, Pelabuhan laut Belawan dan Tanjung Balai. Rencananya, pintu masuk wisman ditambah satu lagi yaitu Bandara Udara Silangit.

Erry berharap keterlibatan investor dalam mebangun berbagai fasilitas untuk mendukung pembangunan pariwisata di Tanjung Balai seperti restoran, hotel dan lainnya. “Sehingga pada hari bisa Sabtu Minggu Tanjung Balai bisa dibanjiri turis asing,” harap Erry.

Walikota Tanjung Balai, M. Syahrial, SH, MH mengatakan pihaknya tengah mengembangan destinasi wisata baru yaitu Pulau Besusen di Kecamatan Datuk Bandar Timur. “Dengah mejarak tempuh 3 jam dari Tanjung Balai menuju pelabuhan Portklang Malaysia, sangat memungkinkan masyarakat Tanjung Balai melakukan interaksi sosial. Kami menciptakan destinasi wisata Pulau Besusen sebagai mana harapan Gubsu,” jelas Syahrial.

Pada awal tahun 2017 pihaknya meresmikan destinasi wisata air di Pulau Besusen dengan luas 22 ha berlokasi Kecamatan Datuk Bandar Timur. Kami harap wisatawan lokal dan mancanegara bisa berkunjung ke pulau tersebut.

Dalam kesempatan itu, Gubsu juga menyerahkan santunan kepada alim ulama, Badan Kenaziran mesjid dan anak yatim piatu serta buku pendidikan agama islam kepada walikota. (sbc-04/drh)




Tinggalkan Balasan