Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Pemkab Palas Gelar Pelayanan Sunat Gratis Bagi Ratusan Anak

Starberita – Sibuhuan, Suasana tenang di Puskesmas Pasar Ujung Batu Sosa, Kecamatan Sosa, tiba-tiba berubah menjadi bising, dan terdengar jeritan ratusan bocah laki-laki. Rata – rata berusia 6-7 Tahun. Ketika para bocah dibaringkan dengan tangan dipegangi orangtuanya masing – masing untuk proses khitanan massal, mulai terdengar jeritan meronta bercampur tangisan, sehingga mengundang penasaran yang mendengarnya .

Para bocah-bocah itu bukan dipukuli atau dicubit, tetapi mereka sedang menjalani proses sunatan oleh pihak tim medis yang menangani kegiatan khitanan massal untuk ratusan bocah yang digelar pihak Kwarcab Pramuka Padang Lawas bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dalam rangka bakti sosial pemerintah Kabupaten Padang Lawas.

Sejumlah bocah yang ditemui di ruang Puskesamas Ujung Batu Sosa mengaku berteriak karena takut melihat jarum suntik yang besar sebelum disunat, serta takut melihat darah. Pasalnya , melihat teman- teman mereka yang dibaringkan diatas tempat tidur , sebelum disunat banyak yang ketakutan serta tampak berdarah , sehingga membuat gugup para bocah lainnya ketika gilirannya untuk disunat oleh dokter serta perawat . “Tapi setelah disuntik bius, terasa kebas dan sudah tidak terasa lagi, sakitnya,” kata Azwar Martua Harahap , Rabu (7/6/2017) sambil memegang ujung kain sarung usai disunat, didampingi orang tuanya keluar dari ruangan.

Ucok Harahap ayah Azwar Martua mengatakan,”Sebelum pelaksanaan sunat massal atau khitanan data anaknya sudah didaftarkan oleh panitia Kwarcab, setelah didaftarkan diberikan kertas undangan untuk datang ke Puskesmas, agar mendapatkan pelayanan sunat massal bersama anak – anak lainnya yang juga mendaftarkan diri, ” katanya sembari menerangkan, anaknya baru dikasih tahu tadi dua hari sebelum kegiatan sunat massal.
“Untungnya dia mau dan saya bilang jangan takut karena disunat tidak sakit , dan sebentar aja sembuh,” ujar Ucok memberikan motivasi kepada anaknya.

Wakil Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu. C. HT. MM mengatakan, kegiatan sunatan massal ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat umum., khusus keluarga kurang mampu, sehingga mendapatkan pelayanan khitanan dengan gratis tanpa ada biaya apapun. Selain itu , para bocah yang dikhitan juga mendapatkan bingkisan kain sarung perorang. Untuik pengobatan sampai buka perbannnya juga gratis, dan dapat datang setelah 3-4 hari kemudian untuk buka perban dan diberikan obat-obatnya.

Sekretaris Kwarcab Pramuka palas Zainuudin hasibuan . S. Pd. MM bersama Kepala Dinas Kesehatan ( Dinkes ) palas Leli Ramayulis. SKM mengharapkan, melalui kegiatan ini , masyarakat kurang mampu dapat terbantu untuk biaya pengkhitanan anak – anak mereka . Selain itu menjadi wahana pendidikan yang merubah pola pikir masyarakat untuk selalu menerpakan pola hidup sehat dan bersih baik dilingkungan keluarga dan masayarakat. (sbc-04/drh)




Tinggalkan Balasan