Search
Minggu 24 September 2017
  • :
  • :

Manfaat Daun Binahong Untuk Mata & Kulit Wajah

Starberita – Jakarta, Ada banyak sekali manfaat daun binahong, terutama untuk mata dan wajah. Yanaman binahong dalam bahasa Latin disebut Anredera Cordifolia dari famili Basellaceae, bahasa lain menyebutnya Heartleaf, Maderavine, Deng San Chi. Tanaman ini merupakan tanaman obat yang tumbuh didataran rendah dan dataran tinggi. Manfaat daun binahong untuk kulit wajah telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional.

Di Cina, Binahong disebut Dheng San Chi, tanaman ini telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Asia di Tiongkok, Korea, Taiwan. Bangsa ini telah menggunakan daun binahong untuk dijadikan obat tradisional, begitupula batang dan umbinya.

Manfaat Daun Binahong 

Beberapa manfaat daun binahong antara lain adalah untuk mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi dan melahirkan, penyembuhan segala luka luar dan dalam, termasuk radang usus. Melancarkan dan menormalkan peredaran darah, pencegah stroke, tumor dan kanker.

Digunakan sebagai obat pencegah rheumatik, wasir, diabetes, sariawan, sakit perut, mimisan, gatal pada kulit, kolesterol, maag, asam urat, dan melancarkan buang air kecil, buang air besar.

Pada umumnya masyarakat hanya mengetahui manfaat daun binahong, sedangkan bagian lain tanaman juga dapat digunakan sebagai herba. Umbi atau rimpang binahong direbus, setelah air rebusan dingin kemudian disaring.

Air rebusan dapat digunakan 2-3 kali sehari untuk menyembuhkan bisul, tifus, disentri, mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang. Juga dapat menambah kebugaran fisik dengan menambahkan kuning telur dan madu.

Adapun cara mengobati penyakit dengan menggunakan manfaat daun binahong adalah sebagai berikut:

  1. Untuk pengobatan luka kulit berdarah. Ambil daun binahong segar, kemudian tumbuk daun hingga halus. Oleskan pasta ini pada bagian tubuh yang sakit, luka, ataupun bengkak.
  2. 2.            Untuk pengobatan jerawat membandel dari luar atau bentuk pasta. Sediakan enam daun binahong segar, kemudian tumbuk sampai halus seperti pasta. Oleskan pasta ini pada jerawat pada malam hari sebelum tidur. Pasta ini juga bisa digunakan sebagai masker wajah, sangat efektif untuk menghilangkan keriput, dan herba menghaluskan kulit.
  3. Pengobatan jerawat dalam bentuk air rebusan. Sediakan enam daun binahong segar, rebus kedalam dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Tambahkan sedikit madu dan minum air rebusan segelas, sehari dua kali.

Manfaat daun binahong juga dapat digunakan untuk membersihkan mata. Menurut pengobatan tradisi di Asia, ekstrak daun binahong mampu membersihkan mata dari segala kotoran, menyembuhkan mata lelah dan merah.

Ekstrak daun binahong dapat diperoleh dengan cara memanaskannya kedalam air selama 15 menit pada suhu 90 derajat Celcius. Air ekstrak digunakan untuk mencuci mata, sama seperti penggunaan daun sirih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan