Search
Minggu 24 September 2017
  • :
  • :

Pekan Depan, Nasib Tiga Pasar Tradisional di Medan Dibahas

Starberita – Medan, Komisi C DPRD Kota Medan mengagendakan mengundang Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk membahas kelanjutan nasib tiga pasar tradisional di Medan yang hingga kini stagnan dan tidak memberi pemasukan bagi Perusahaan Daerah (PD) Pasar Medan.

“Kita agendakan Senin ini,” kata Ketua Komisi C DPRD Medan Boydo HK Panjaitan dalam rapat dengar pendapat dengan PD Pasar dan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Kamis (8/6/2017).

Pihaknya akan mengundang Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) untuk mengetahui rencana Pemko Medan terkait Pasar Aksara di Jalan HM Yamin, Pasar Pringgan di Jalan Iskandar Muda Kecamatan Medan Baru, Pasar Kampung Lalang di Jalan Kelambir V Medan Sunggal dan Pasar Akik Sukaramai.

Rencana RDP juga akan mengundang BPKD, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Pemko Medan selaku pengawas, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Penataan Ruang (DPKP2R), PD Pasar dan pihak terkait pengelolaan pasar tradisional di Medan. “Kita undan, duduk bersama untuk mengetahui mau ‘dikekmanakan’ (rencana) pasar-pasar ini,” kata Boydo.

Diketahui, tiga pasar tradisional di Medan kini stagnan dan tidak bisa memberikan pemasukan bagi PD Pasar milik Kota Medan. Potensi retribusi dari Pasar Aksara sebesar Rp150 juta/bulan tak bisa dikutip pasca terbakar 12 Juni 2016.

Potensi pemasukan dari Pasar Kampung Lalang Rp120 juta/bulan tidak bisa dikutip sejak dirubuhkan pada 23 Maret 2016 dan potensi pendapatan dari Pasar Pringgan Rp 60 juta/bulan tak bisa dikutip karena kontrak dengan PT Trijaya Loka (pengelola Pasar Pringgan Medan) berakhir 30 Mei 2016. (sbc-02)




Tinggalkan Balasan