Search
Minggu 25 Juni 2017
  • :
  • :

Minyak Zaitun Bisa Cegah Kanker Otak?

Starberita – Jakarta, Banyak orang tahu bahwa minyak zaitun kaya manfaat, termasuk juga mencegah kolesterol tinggi. Salah satu manfaat lain dari minyak zaitun juga menurut studi bisa mencegah munculnya kanker otak.

Sebuah studi mengatakan, senyawa yang ditemukan dalam minyak zaitun dapat membantu mencegah perkembangan kanker di otak

Penelitian tentang asam oleat, bahan utama minyak zaitun telah menunjukkan bagaimana hal itu dapat membantu mencegah gen penyebab kanker berfungsi dalam sel.

Asam moleat adalah salah satu kelompok nutrisi yang dikenal sebagai asam lemak merangsang produksi molekul sel yang fungsinya untuk mencegah protein penyebab kanker terbentuk.

“Meskipun kita belum bisa mengatakan bahwa minyak zaitun dalam makanan membantu mencegah kanker otak, temuan kami menunjukkan bahwa asam oleat dapat mendukung produksi molekul penekan tumor di sel yang tumbuh di laboratorium,” kata pemimpin peneliti Gracjan Michlewski dari Universitas Edinburgh di Inggris

“Studi lebih lanjut dapat membantu menentukan peran minyak zaitun di kesehatan otak,” Michlewski menambahkan. Temuan mereka, yang diterbitkan dalam Journal of Molecular Biology, menunjukkan kemungkinan terapi berdasarkan minyak zaitun untuk mencegah kanker otak terjadi.

Para ilmuwan menganalisis pengaruh asam oleat pada molekul sel, yang dikenal sebagai miR-7, yang aktif di otak dan diketahui dapat menekan pembentukan tumor. Mereka menemukan bahwa asam oleat mencegah protein sel, yang dikenal sebagai MSI2, dari menghentikan produksi miR-7.

Dengan cara ini, komponen minyak zaitun mendukung produksi miR-7, yang membantu mencegah pembentukan tumor, kata studi tersebut. Periset membuat penemuan mereka dalam tes pada ekstrak sel manusia dan sel hidup di laboratorium. (sbc-02/tem)

 




Tinggalkan Balasan