Search
Kamis 29 Juni 2017
  • :
  • :

Aparatur Desa di Karo Hendaknya Transparan, Taat UU Desa

Starberita – Berastagi, Wakil Bupati Karo, Corry Sebayang mengingatkan seluruh aparatur desa agar senantiasa transparan dan mentaati peraturan sesuai ketentuan dan perundang-undangan berlaku dalam pengelolaan dana desa.

Menurutnya, UU no. 6 tahun 2014 tentang Desa, telah memberi perubahan mendasar dalam sistem pemerintahan desa.

“Dari mulai kewenangan yang lebih mandiri dalam mengelola pemerintahan dan berbagai sumber daya alam yang dimiliki, sampai dengan pengelolaan keuangan dan kekayaan milik desa untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat,” tegas Wakil Bupati Karo, Cory Sebayang, kemarin saat membuka Sosialisasi Peraturan Perundang undangan Tahun Anggaran 2017.

“Saudara yang pertama mengetahui kondisi masyarakat di wilayah saudara dan sebagai orang pertama yang memfasilitasi penanganan masalah yang dialami oleh masyarakat yang tentu harus sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” ujarnya.

Selain itu, dia menambahkan, aparatur pemerintahan desa dan masyarakat desa yang direpresentasikan oleh BPD hendaknya mampu dalam pengelolaan keuangan desa. “Utamanya meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa.”

“Melalui sosialisasi ini, saudara akan dibekali berbagai pengetahuan peraturan perundang-undangan tentang desa dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan desa, untuk itu agar saudara sungguh-sungguh mengikutinya” pungkas Corry. (sbc-04/drh)




Tinggalkan Balasan