Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Amnesti Internasional Indonesia Kampanyekan Boikot Produk Israel

Starberita – Jakarta, Amnesti Internasional Indonesia meluncurkan kampanye #End50Years, sebagai peringatan 50 tahun pendudukan Israel di Palestina.

Direktur Eksekutif Amnesti Internasional Indonesia, Usman Hamid menyampaikan, pihaknya mendesak negara-negara di seluruh dunia untuk memboikot barang-barang yang diproduksi dari wilayah pendudukan Israel, yakni Tepi Barat, Yerusalem Timur, dan Jalur Gaza.

Dia mengatakan, ratusan juta dolar barang yang diproduksi di wilayah pendudukan Israel yang dibangun di atas tanah Palestina itu diekspor secara internasional setiap tahunnya.

“Bisnis negara Israel itu memungkinkan dan memfasilitasi pembangunan dan perluasan wilayah pendudukan Palestina,” ujar Usman, di Jakarta, kemarin.

Menurut Usman, pendudukan wilayah Palestina oleh Israel telah menimbulkan banyak pelanggaran hak asasi manusia. Sedikitnya, ada 100.000 hektar lahan Palestina telah disesuaikan untuk penggunaan wilayah pendudukan secara eksklusif.

Kemudian, rumah-rumah dibongkar dan ratusan ribu warga Palestina dipindahkan secara paksa.

“Banyak keluarga dipaksa keluar dari rumah atau tanah mereka dalam rangka mensterilkan daerah untuk pembangunan,” kata Usman.

Melalui petisi yang telah dibuat sejak Selasa (6/6/2017) malam, para tokoh yang hadir itu ingin penjajahan wilayah di Palestina segera dihentikan.

Usman Hamid mengatakan, penggalangan dukungan ini akan digencarkan selama beberapa bulan ke depan. Pihaknya, lanjut Usman, juga akan menggandeng lembaga atau organisasi yang relevan dan peduli dengan masalah di Palestina.

Sementara ini lembaga yang sudah digandeng adalah Nahdlatul Ulama, khususnya Lakpesdam.

“Petisi, rencananya akan disampaikan ke Presiden pada akhir tahun, bulan November atau Desember,” kata Usman.

Menurut Usman, hingga saat ini petisi yang telah pihaknya telah mendapat dukungan sekitar 5.000 suara. (sbc-03/kom)




Tinggalkan Balasan